Jenis Pakaian Pelindung Diri Pekerja (APD) dan Fungsinya


Pakaian keselamatan kerja yang wajib di pakai oleh pekerja di lapangan sesuai dengan peraturan di lingkungan perusahaan untuk melindungi tubuh dari potensi bahaya selama bekerja.

Alat pelindung diri (APD) Wearpack di kenal juga dengan sebutan cover all atau katelpack, pakaian ini di desain untuk melindungi diri pekerja yang berada di lingkungan luar atau lapangan. 

Wearpack atau coverall tersedia bermacam-macam bahan dan warna, dan di sesuai kan dengan peraturan dan kebutuhan pekerjaan.


Safety coverall APD

Selain sebagai alat pelindung diri pekerja, fungsi lain dari wearpack juga memberikan identitas nama sebuah perusahaan, status dimana tempat pekerja terdaftar bila terdapat banyak kontraktor atau pun vendor.

Pada wearpack juga terdapat nama pekerja, lambang keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Lambang keselamatan dan kesehatan kerja adalah bidang yang terkait dengan Keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah perusahaan maupun lokasi proyek

Fungsi Wearpack

Selain sebagai pakaian pelindung keselamatan tubuh pekerja, wearpack juga mempunyai fungsi lain yaitu; 

Berdasarkan warna juga bisa memberikan informasi identitas jabatan pemakainya, seperti warna putih kebanyakan dipakai untuk jabatan Supervisor atau level manajemen. Atau membedakan setiap instansi yang berada pada satu area kerja yang sama

Warna wearpack juga bisa memberikan informasi jenis pekerjaan pekerja yang memakainya, contoh warna merah departemen Safety atau divisi HSE, warna coklat untuk divisi mekanik.

Bisa memberikan perlindungan pekerja nya dari suhu panas, cuaca dingin, lokasi kerja berdebu atau melakukan aktivitas berbahaya seperti potensi bahaya dari zat-zat kimia.

Wearpack di buat dengan kualitas yang baik, dengan ketebalan yang standard, dari bahan yang tidak gampang sobek, bahkan ada bahan dengan kualitas terbaik yang tahan api. 

Wearpack juga di lengkapi dengan reflektor scothlight, bahan kain yang berwarna silver dengan lebar 2 inchi, bisa memantulkan cahaya sesuai dengan standard ANSI 500, dengan kondisi rendah cahaya atau saat bekerja pada malam hari.


Jenis Wearpack

Berikut beberapa bahan yang sering di pergunakan untuk membuat pakaian seragam kerja wearpack;

Bahan Standard
Untuk pemilihan pakaian keselamatan pekerja ini, harus mempertimbangkan kualitas bahan yang dipergunakan, agar mampu secara maksimal melindungi tubuh pemakainya dari potensi bahaya yang ada di lokasi kerja.

Taipan Tropical
Oxford
Ribstop
Nagata Drill
Ventura Drill
Kanvas Marsoto
Kanvas Ring
Kanvas Sueding
Japan Drill - Nisuka
Japan Drill - Xenia
Japan Drill - Verlando
Japan Drill - Toranaga
American Drill - Venhouston
American Drill - Montoya
American Drill - Americo
American Drill - Putra Mill
American Drill - 1919 (Original)
American Drill - Buffalo
BACA JUGA:

Bahan Khusus
Untuk wearpack jenis ini di buat dari bahan khusus yang bisa menahan api dengan kadar panas tertentu.

Kebanyakan di pergunakan oleh pekerja yang berada di lokasi pengeboran lepas pantai atau pekerja di lokasi offshore, tambang batu bara dan pekerjaan yang berhadapan langsung dengan panas, seperti melakukan pengelasan.

Wearpack dengan kualitas terbaik ini adalah Nomex IIIA Flame Retardant, yang di buat memang untuk melindungi tubuh pekerja dari kondisi panas. Bahan nomex IIIA ini terdapat 3 (tiga ) macam bahan yaitu; 

1. Nomex, 
2. Serat Aramid
3. Serat Asbes

Untuk harga wearpack nomex dupont tergolong lumayan mahal, bahkan ada di atas harga dua jutaan rupiah.

Saran untuk Penggunaan Pakaian Pelindung diri kerja (APD)

Pemilihan wearpack sebaiknya jangan terlalu sempit atau ketat, sehingga menghalangi atau pemakainya kesulitan dalam melakukan gerakan selama bekerja, jangan juga wearpack di pakai terlalu besar dari ukuran tubuh kita, sehingga bisa menimbulkan bahaya.

Pakailah wearpack dengan bahan yang tidak menimbulkan efek panas, gerah atau bahkan untuk kulit yang sensitif bisa menimbulkan efek gatal. 

Pakailah dengan ukuran yang ideal untuk tubuh kita, pastikan bisa aman dan nyaman selama kita memakainya.

Semoga artikel tentang jenis dan tipe Alat pelindung diri (APD) pakaian seragam keselamatan pekerja ini bisa bermanfaat, Terima kasih


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel