Jenis, Bahan dan Fungsi Sarung Tangan untuk Keselamatan Kerja

Sarung tangan di pergunakan sebagai pelindung saat melakukan pekerjaan, terlebih ketika bekerja dengan benda dan peralatan yang tajam dan keras. 

Tujuan utama kita menggunakan sarung tangan atau hand glove ketika sedang bekerja  atau melakukan aktifitas adalah untuk melindungi tangan yang berpotensi terjadinya cedera pada tangan.




Jenis, bahan dan fungsi sarung tangan yang Tepat untuk keselamatan kerja


Di lokasi kerja pemakaian sarung tangan sangat di utamakan dan menjadi perhatian oleh perusahaan untuk menjaga dan menghidarkan pekerjanya dari cedera.


Jenis, Bahan dan Fungsi Sarung Tangan untuk Keselamatan Kerja


Ketika melakukan pemilihan sarung tangan pelindung yang akan pergunakan harus memperhatikan beberapa hal, antara lain; kecocokan, fungsi dan tingkat kemampuan sarung tangan tersebut agar dapat berfungsi dengan maksimal untuk melindungi tangan dari cedera.

Berikut beberapa jenis sarung tangan atau hand gloves dengan bahan dan kecocokan pemakaian untuk jenis pekerjaan yang akan di lakukan.


1. Sarung tangan kain


Jenis sarung tangan ini hanya bisa menjaga dan melindungi tangan agar tetap bersih dan dari cedera lecet kecil, tidak  di rekomendasikan untuk di pakai bekerja dengan benda atau objek yang kasar dan tajam karena bahan tersebut tidak cukup kuat untuk melindungi tangan.

Cocok di pakai untuk engineer atau yang sedang melakukan inspection dan survey

2. Sarung tangan Kulit


Jenis Sarung tangan kulit ini bisa di pergunakan untuk pekerjaan yang menggunakan peralatan dan benda yang mengandung panas dan kasar. Panjang sarung tangan ini melebihi panjang dari sarung tangan biasanya, fungsinya adalah melindungi tangan dari percikan bunga api pengelasan  


3. Sarung tangan kombinasi Kain Levis dan Kulit 


Jenis sarung tangan menggunakan bahan kombinasi kain levis yang tebal dan di bagian atas jari-jarinya di lapisi oleh bahan kulit. Sarung tangan ini di pergunakan oleh fitter dan pekerjaan dengan bahan yang permukaannya keras dan kasar. 


4. Sarung tangan karet atau sintetis


Sarung tangan ini terbuat dari karet atau sintetis yang di pergunakan untuk  pekerjaan dengan benda kimia, chemical atau bahan beracun yang berbahaya. 


Sarung tangan ini di buat dari bahan seperti, Latex, vinyl, neoprene, nitrile dan butyl. Di pergunakan oleh pekerja di laboratorium kimia, pekerja kebersihan dengan mengunakan bahan pelarut atau bekerja dengan minyak.


Berikut beberapa bahan sarung tangan yang dapat melindungi tangan dari larutan kimia antara lain;


1. Karet butyl              : Asam klorida, asam nitrat, peroksida dan asam sulfat

2. Bahan Neoprene      : Cairan hidrolik, alkohol, asam organik dan bensin
3. Bahan Lateks alami  : Larutan atau asam air, keton, garam dan alkali 
4. Bahan Nitril             : Pelarut terklorinasi

5. Sarung tangan Karet


Sarung tangan berbahan karet ini di pergunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan arus listrik. Terbuat dari bahan karet tebal yang bisa melindungi tangan dari sengatan listrik. Biasa di pergunakan oleh electrical untuk pekerjaan instalasi listrik


6. Sarung tangan Kevlar


Sarung tangan jenis ini dapat memberikan perlindungan dari senjata tajam. Anti potong dan iris. Terbuat dari bahan kawat stainless steel, poliester berkualitas tinggi serta serat kimia elastis.


7. Sarung tangan aluminized


Jenis sarung tangan ini di rekomendasikan untuk kerja panas pengelasan, pekerja pembuatan tungku dan pengecoran karena dapat memberikan perlindungan isolasi dan reflektif. Terbuat dari material campuran serat aramid dan aluminium. Ukuran panjang sarung tangan ini adalah 14 inchi.


Baca Juga:


Cara memilih Sarung Tangan yang Tepat

Sebelum anda memutuskan untuk memakai sarung tangan yang di butuhkan, terlebih dahulu harus paham sarung tangan tersebut di pergunakan untuk apa. Berikut cara memilih sarung tangan yang tepat dan nyaman untuk di pergunakan;

1. Tepat untuk pekerjaan
    Pilih bahan Hand glove atau sarung tangan sesuai dengan jenis pekerjaan
2. Ukuran
    Ukuran sarung tangan sesuai dengan ukuran tangan
3. Kenyamanan
    Pilih hand glove yang nyaman dan kuat saat di pakai di tangan 
4. Kondisi bahan
    Sebelum di pergunakan pastikan sarung tangan tidak ada yang rusak atau   
    sobek
5. Mencoba
    Coba dahulu sarung tangan sebelum di pergunajan, dengan menggerak 
    gerakkan jari tangan dan pastikan tidak ada yang terjepit atau sakit 

Dengan pemilihan sarung yang tepat sesuai dengan jenis pekerjaan dan memberikan kenyamanan akan meningkatkan produktivitas kerja serta kesehatan badan khusus nya tangan akan tetap terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel