5 Hal Penting yang Harus di Ketahui Pekerja Kontrak

Saat ini pekerjaan freelance atau pekerja dengan kontrak tertentu banyak memberikan peluang dan menjadikan sebuah pilihan yang cukup menjanjikan.

Pada pekerjaan pembangunan proyek sebagian team kerjanya adalah orang-orang dengan status kontrak, baik selama proyek berjalan, atau kontrak kerja dalam beberapa bulan saja.

Dengan hadirnya pekerjaan dengan sistem kontrak atau pekerja lepas banyak juga memberikan manfaat dan efek positifnya. Namun sisi lain tetap memiliki sisi negatif yang harus jadi perhatian juga.


Tips kerja kontrak freelance
Soure image Pixabay


Namun untuk menjadi pekerja dengan sistem kontrak banyak hal yang harus di pertimbangkan dan juga ada hal-hal yang wajib di persiapkan. 

Kesiapan mental dan keuangan merupakan hal utama yang memegang peran penting, agar tidak terjadi kesulitan yang terjadi di kemudian hari.

Untuk pekerja kontrak yang harus di pertimbangkan adalah masa kerja yang terkadang relatif pendek. Pikirkan berapa lama bisa bekerja dalam satu proyek dan berapa waktu kita bisa mendapatkan pekerjaan di tempat yang baru lagi. 

Bisa kita bekerja hanya dalam beberapa bulan atau bahkan hanya hitungan minggu, bisa juga dalam beberapa tahun hingga proyek di kerjakan selesai.

Sebagai pekerja kontrak atau pekerja lepas, ada beberapa hal yang harus di hindari, agar kita mampu membentuk karakter yang kuat sebagai pekerja; 

Hal Penting yang perlu di ketahui oleh pekerja

Beberapa hal penting yang harus di perhatikan dan di pahami sebagai seorang pekerja kontrak;

Penyusunan Biodata
Pekerja kebanyakan membuat biodata, resume atau curriculum vitae (CV) terlalu panjang dan bertele-tele. Apalagi dengan kata-kata yang tidak  terlalu berhubungan dengan pekerjaan yang di inginkan. 

Komunikasi yang tidak efektif bisa menghambat karena sulit untuk di mengerti. 
Buatlah kalimat dan penjelasan yang ringkas, menarik serta dengan kalimat yang bisa menunjukkan kemampuan anda.

Jaga Kualitas resume atau biodata anda itu, karena akan berulang kali anda pergunakan pada saat melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang lain.

Kepercayaan diri Berlebihan
Sesuai dengan fakta yang saya lihat, ada sebagian orang memiliki sikap percaya di berlebihan, atau bahkan melebih-lebihkan tentang kemampuan diri sendiri. Pada tahap awal seleksi mungkin bisa memberikan nilai tambah dan menjadi daya tarik bagi perusahaan yang akan memperdayakannya,  tapi dengan catatan harus sesuai dengan kemampuan yang di miliki. 

Jangan sampai nanti terjebak dengan sikap tersebut, dan akan ada suara-suara sumbang di lingkungan kerja, Omdo (omong doang) atau ada kalimat sindiran lain "Tampilan stainless steel 316 ternyata aslinya besi celupan".

Menjaga Reputasi
Pekerja kontrak atau freelance proyek harus selalu menjaga reputasi, baik dari kualitas bekerja maupun menjaga sikap dan hubungan sesama pekerja.

Bila sikap dan perilaku kita kurang baik dan tidak memberikan kenyamanan buat lingkungan kerja, bekerja tidak disiplin, sering terlambat dan sebagainya, maka sudah di pastikan reputasi kita menjadi buruk, baik di  lingkungan perusahaan maupun sesama teman pekerja.

Untuk proyek selanjutnya bisa jadi kita tidak akan di ikut sertakan dalam bagian team kerja.

Kurang Memahami Pekerjaan
Hal yang tidak kalah penting nya tentang kemampuan kita melakukan pekerjaan yang di berikan. Yang sering terjadi ketika di berikan tugas oleh atasan, anda langsung menyanggupkan instruksi tersebut, padahal kenyataannya anda tidak terlalu memahami apa yang harus di selesaikan. 

Kalimat yang selalu di ucapkan "baik pak, saya kerjakan", tanpa memahami secara menyeluruh perintah tersebut.

Sebaiknya anda tanya hingga betul-betul paham dan jelas apa yang akan di kerjakan, jadwal yang di butuhkan, peralatan dan material yang di perlukan, departemen mana saja yang akan berhubungan dengan pekerjaan anda, dan sebagainya

Atasan anda tidak akan menganggap anda kurang mampu atau bodoh dengan menyampaikan beberapa pertanyaan  di awal sebelum di mulai pekerjaan tersebut.

Akan lebih fatal lagi bila sudah di kerjakan ternyata beda dengan yang di instruksi kan. Intinya anda harus lebih dahulu memahami

Mempertahankan Semangat

Sebagai pekerja kontrak tentu saja masa kerja nya terbatas dan terkadang singkat dan berakhir. Sehingga anda harus mencari pekerjaan pada perusahaan lain. 

Yang harus di Pertahankan adalah semangat untuk memperoleh pekerjaan yang baru. Banyak pekerja yang merasa sudah berusaha keras melamar tetapi belum juga memperoleh pekerjaan "ini yang harus menjadi catatan buat anda yang baru akan memulai jadi pekerja kontrak". 

Seorang pekerja lepas sudah harus menyadari dan mengetahui hal tersebut. Kuncinya tetap semangat mencari pekerjaan, selalu MOTIVASI diri anda untuk memperoleh pekerjaan tersebut.


Untuk Motivasi kerja

Menjadi pekerja yang profesioanl dengan di bekali kemampuan dan keahlian yang di miliki. Pertahankan semangat dan Jangan pernah berhenti berusaha dan belajar untuk memperoleh kesuksesan  berkarir. 

Dan berdoa kepada Tuhan untuk meminta restu agar di berikan kemudahan dalam pencapaian" Penulis. Terima kasih semoga sukses untuk semua.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel