Alat Pelindung Diri (APD) Pekerja


Agar selalu dijadikan kebiasaan, sebelum melakukan pekerjaan setiap pekerja harus melengkapi dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), serta pemakaian nya dengan benar untuk berbagai jenis pekerjaan atau tugas.

Alat Pelindung Diri (APD) adalah pelindung atau penghalang yang dipakai pada tubuh pekerja selama melakukan aktivitas bekerja di lokasi perusahaan.

Safety Shoes Hands glove Ear plug

Alat pelindung diri bagi pekerja di lingkungan fabrikasi, kilang minyak, anjungan lepas pantai, perkapalan dan dilokasi galangan kapal merupakan keharusan untuk dipakai oleh pekerja. Dan sudah diatur pada standard ANSI Z-89 kelas A,B,C atau kelas E serta peraturan Health safety Manajemen masing-masing perusahaan.

Perlengkapan Alat Kerja diri (APD) standard pada Lokasi kerja


Alat Pelindung Diri (APD) yang standard wajib dipakai di lokasi kerja antara lain;
1. Topi Pelindung (Safety Helmet)
2. Kaca Mata (Safey Glasses)
3. Pelindung Kaki (safety shoes)
4. Pakaian Kerja (Covel all)
5. Pelindung Tangan (hand Glove)
          
Dan tambahan Alat Pelindung Diri lainnya di sesuaikan dengan kondisi di lokasi kerja. 

Apa yang akan anda lakukan, seperti bekerja di ketinggian wajib memakai bodyhardness, mekanik, pipe fitter wajib memakai sarung tangan, Melakukan pemotongan, pengelasan wajib memakai welding masker dan sebagainya.

Safety Helmet - Pelindung Kepala
Untuk Pelindung Kepala atau safety helmet harus memenuhi standart ANSI Z-89 kelas A,B,C atau kelas E.

Wajib diperhatikan ketika memakai safey helmet adalah;


1. Pastikan talinya terpasang dan tidak ada kerusakan
2. Didalam topi tidak diperbolehkan menyimpan barang-barang
3. Dilarang memodipikasi atau biasanya di lubangi diluar standard
4. Warna Helmet menentukan bidang kerja, seperti putih foreman, supervisor,                engineer dan sebagainya, sehingga tidak boleh di cat sendiri, diberi      
    warna bukan standard pabrik
5. Bila helmet sudah rusak atau pecah silahkan hubungi manajemen segera di              gantikan dengan yang kondisi bagus

Pelindung Kaki-safety Shoes
Sepatu safety wajib digunakan di area kerja, karena menghindari terjadinya kecelakaan, seperti tersandung, tertimpa benda atau terkena benda panas.

Pastikan tidak memakai sepatu yang tidak standard untuk bekerja, sepatu harus dalam kondisi kering dan kondisi layak pakai untuk bekerja. 

Pelindung Mata dan Wajah
Pelindung Mata atau kacamata diwajibkan dipakai dilokasi bekerja, agar terhindar dari masuknya benda asing kedalam mata, sehingga mengakibatkan iritasi mata, atau bahkan bisa terjadi yang lebih parah lagi.

Kacamata pelindung harus memenuhi standard ANSI-Z-87 yang terdapat penutup samping kiridan kanannya.

Setiap kegiatan di lokasi kerja kacamata dan pelindung wajah terdapat bermacam-macam bentuk dan kegunaannya.

Seperti menggerinda wajib memakai gringing face shield atau masker penutup muka, kegiatan pengelasan pun wajib memakai pelindung mata dan wajah, semua kegiatan seperti bor, melakukan pekerjaan chemical, gergaji, pekerjaan bubut wajib memakai alat pelindung mata dan wajah, dan beberapa pekerjaan lain yang diwajibkan memakai pelindung keselamatan.
Pakaian Pelindung-Coverall

Setiap pekerja tidak diperbolehkan memakai pakaian kaos atau baju rumahan atau pakaian lengan pendek dilokasi kerja. 

Coverall atau pelindung badan berguna untuk melindungi kulit atau badan kita terkena paparan panas, atau benda-benda lain yang berbahaya terhadap badan kita. 

Dan coverall juga memberikan identitas perusahaan dimana kita bekerja. Apa lagi di lokasi fabrikasi biasanya terdapat beberapa perusahaan subkontraktor bekerja.  

Pelindung Tangan (Hand Glove)

Pelindung tangan atau hand glove, gauntlet, wajib dipakai apa bila melakukan pekerjaan yang berpotensi resiko cidera tangan. 
Pelindung tangan terdapat bermacam-macam tipe dan kegunaan, tergantung jenis pekerjaan apa yang dilakukan.

seperti pekerjaan chemical memakai sarung tangan karet khusus untuk chemical, fitter dan welder memakai sarung tangan khusus untuk bekerja.
Usahakan sarung tangan dalam kondisi kering sehingga terhindar dari sengatan listrik bagi welder melakukan pengelasan.

Apa bila pelindung tangan atau sarung tangan sudah rusak dan sobek harus dibuang di tempat sampah, dan diganti dengan yang baru

Masih banyak jenis dan tipe serta kegunaannya Alat pelindung diri, namun artikel diatas hanya menjelaskan beberapa alat pelindung diri yang wajib dipakai apabila sudah memasuki kawasan kerja, meskipun belum melakukan kegiatan pekerjaan.

Untuk Alat pelindung diri (APD) lainnya dipakai berdasarkan jenis pekerjaannya masing-masing.
Ada sebuah kata dilokasi kerja; No Hard Hats, No, safety shoes, No Hi-His vest, No work

Demikian artikel ini semoga bisa bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuan, dan yang bagi bekerja pada perusahaan yang mewajibkan memakai APD (Alat Pelindung Diri) berbahagialah, karena mereka perduli akan keselamatan kita dan untuk kebahagiaan keluarga dirumah. Terima Kasih


  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel