5 Cara Cepat Membuat Nomor Urut pada Microsoft Excel

Pembuatan penomoran pada laporan tentu sesuatu yang terbilang biasa, akan tetapi bila dalam jumlah yang banyak tentu saja akan memakan waktu, apa lagi harus mengisi nomor tersebut secara manual. 

Nomor urut pada laporan pekerjaan berfungsi untuk memudahkan kita untuk mengidentifikasi isi laporan yang yang ada pada lembar kerja tersebut. Selain itu laporan akan kelihatan tersusun rapi. 

Pada Microsoft Excel terdapat beberapa fasilitas untuk  membuat nomor secara berurut maupun dengan besar kelipatan. Terdapat beberapa perintah-perintah untuk membuat penomoran pada lembar kerja dengan cepat. 

Cara Penomoran pada sel Lembar Kerja

Sebelum membahasan lebih lanjut tentang penomoran secara cepat, pertama persiapkan terlebih dahulu lembar kerja yang sudah di buat. 

Penomoran bisa kita buat dengan ceoat dan di atur sesuai kebutuhan, dengan menggunakan perintah yang ada pada Microsoft Excel. Simak caranya berikut ini;


Cara Penomoran Pertama
  • Masukkan nomor atau angka pada sel yang pertama,
  • Letakkan Kursor pada posisi sel atau baris yang kedua,
  • Ketik = A3 + 1  Enter (A3 posisi angka pertama yang di masukkan)
  • Untuk angka +1 bisa di ganti dengan kelipatan yang kamu butuhkan,
  • Letakkan Kursor pada posisi sel yang kedua, setelah keluar tanda + di tarik ke bawah, maka nomor akan tampil berurut sesuai dengan kelipatan yang di buat.
Perbedaan cara Kedua, apabila kita hapus salah satu angka pada penomoran, maka nomor urut akan otomatis berubah menjadi angka 1 di bawah angka yang sdh kita hilangkan. 


microsoft Excel


Cara Kedua
  • Masukkan angka 1, 3 di dalam sel
  • Blok kedua angka tersebut, setelah muncul tanda + tarik kebawah hingga menampilkan nomor yang berurutan
  • Bisa kamu buat penomoran dalam format ganjil, atau dalam format genap semua, contoh 1,3 atau 2, 4 lalu lakukan blok dan tarik kebawah pada tanda + ada di sudut sel
microsoft excel office


Cara Ketiga
  • Letakkan Kursor sel A4 pada sel yang akan di berikan penomoran,
  • Ketik tanda petik dan angka '1 kemudian enter,
  • Selanjutnya pointer di letakkan pada sel angka 1, setelah keluar tanda + tarik kebawah, nomor akan berurut.

penomoran urut angka excel
Penomoran dengan Perintah '



Cara Penomoran gabungan huruf dan angka

Untuk penomoran dengan gabungan antara huruf dan angka di buat  dengan keperluan tertentu, untuk mengidentifikasikan data atau informasikan laporan agar lebih khusus.

Misalkan kita akan membuat penomoran dimulai dengan kode AC, cara perintah pembuatan penomoran gabungan ini adalah sebagai berikut;
  • Letakkan kursor pada sel A3
  • Masukkan perintah ="AC"&ROW(A2)-3 
angka dan huruf excel
  • Kemudian Tarik kebawah pada sudut sel yang bertanda +
  • Hasilnya seperti berikut ini;


gabungan huruf dan angka microsoft excel


Huruf dan angka AC-1 bisa di ganti sesuai dengan kebutuhan kamu. 


Baca juga: 

Cara Membuat nomor urut hingga Ribuan

Berikut langkah-langkah membuat penomoran urut dalam jumlah ribuan, yaitu;
  • Letakkan kursor pada sel A3
  • Masukkan pada sel Angka 1
  • Buka menu Home pilih Fill lalu dropdown pilih Fill (Shortcut ALT + H + FI + S)
  • Akan tampil menu Series, 
Microsoft excel window office

  • Pilih Column, 
  • Klik Type pilih Linier 
  • Step Value : masukkan angka 1 
  • Stop Value : 1200 (Angka ini tergantung keperluan penomoran kamu)
  • Klik Ok 
Kelebihan cara menggunakan perinta di atas, kita tidak perlu melakukan perintah dropdown hingga ke bawah, karena dengan otomatis akan terisi sendiri angka dengan berurut.

Sekian artikel cara cepat membuat penomoran pada Microsoft Excel, semoga bisa bermanfaat, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel