Tips Kantong Plastik Kresek Pengganti Isolasi Sambungan Kabel

Isolasi adalah bahan yang di pergunakan untuk memisahkan dua atau lebih kabel atau media penghantar listrik atau arus lainnya, yang bertegangan. Dengan di lakukannya pemisahan terhadap pengantar arus tersebut maka tidak akan terjadi lompatan listrik atau percikan.

Definisi kabel adalah peralatan utama dalam pemasangan instalasi yang berfungsi untuk menyalurkan energi listrik ke peralatan yang akan di pergunakan.

Plastik Mancis Kabel Lsitrik

Karena itu untuk sambungan kabel sebaiknya di lakukan dengan benar dan tepat, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. 

Lakukan pemilihan kabel dan perlengkapan lainnya yang tepat, sesuai dengan besarnya energi listrik yang di butuhkan.

Trik kantong kresek Plastik sebagai pengganti isolasi sambungan kabel ini, di pergunakan ketika dalam keadaan mendesak kehabisan isolasi tape yang standar.

Beragam Isolasi Kabel dan penggunaannya

Terdapat beberapa jenis dan tipe Isolasi atau pembungkus sambungan antara dua kabel, yakni sebagai berikut;

1. PVC (polyvinyl chloride)

PVC atau polyvinyl chloride, adalah salah satu jenis isolasi kabel listrik yang banyak di pergunakan. Isolasi tipe ini banyak di pergunakan untuk suhu yang rendah.  

2. Isolasi PTFE (Polytetrafluoroethylene, Sintetik fluoropolymer)
Isolasi PTFE atau Polytetrafluoroethylene, Sintetik fluoropolymer, adalah isolasi yang tahan terhadap suhu panas, dengan sifat seperti ini hampir tidak ada arus listrik yang bersentuhan pada sambungan. Terbuat dari bahan fiberglass dan di pada bagian luar lapisi dengan PTFE (Polytetrafluoroethylene, Sintetik fluoropolymer). Isolasi ini terdapat dua jenisi dengan perekat dan tanpa perekat.

3. Isolasi Kain
Tipe isolasi kain atau cloth tape, duct tape terbuat dari kain khusus, bukan jadi pilihan untuk membungkus sambungan elektrik yang tinggi. Isolasi kain sering di kombinasikan dengan bahan isolasi jenis lain, untuk membantu meningkatkan kinerja terhadap suhu dan ketahanan konduktif.

4. Isolasi Karet atau Rubber Tape Isolasi karet atau rubber tape terbuat dari karet dan kuat terhadap suhu panas hingga 105 derajat Celsius. Sering di pergunakan pada jaringan kabel listrik yang terpasang di luar ruangan.

5. Isolasi Polyester
Tipe isolasi poyster kuat dan tahan terhadap robekan di sudut meskipun tipis, dan kuat akan gesekan dan kelembapan. Mampu menahan suhu tinggi hingga 130 derajat Celsius. 

6. Isolasi WaterSeal Mastic
Isolasi Mastic adalah pelindung sambungan kabel atau instalasi listrik tegangan tinggi. Fungsinya untuk mencegah air tidak masuk, melindungi konektor dari kelembapan dan korosi dan melindungi sambungan yang akan beresiko abrasi.  Isolasi WaterSeal Mastic jenis pembungkus elastis  yang dapat di tarik memanjang.

7. Isolasi Vinyl
Isolasi Elektrik Vinyl jenis ini adalah kelas premium, dengan ketebalan hingga 7 mm. Di buat khusus untuk tahan semua cuaca, hingga 105 derajat Celcius. Memliki bahan lapisan perekat berbasis karet.


Tipe Isolasi yang Tepat untuk Pelindung Sambungan Kabel

Berikut ada beberapa ciri-ciri utama jenis isolasi yang aman untuk pelindung sambungan kabel, yakni;
  • Mudah digunakan dan mudah diaplikasikan bermacam kabel, sirkuit dan sambungan,
  • Elastis dan flaksible
  • Mampu melindung terhadap sirkuit dan arus listrik,
  • Dapat tahan terhadap perubahan suhu panas yang tinggi
  • Dapat merekat dengan kuat, sehingga mampu melindungi instalasi kabel untuk jangka yang cukup lama,
  • Kuat dan tahan terhadap gesekan .
Baca Juga: 

Cara Membungkus Sambungan Kabel dengan Plastik

Sebenarnya cara ini tidak di rekomendasikan untuk sambungan yang beraliran listrik tegangan tinggi dan berada di luar ruangan. Di pergunakan untuk sambungan kabel kecil dan arus rendah, terutama dalam kondisi mendesak, sementara persediaan isloasi tidak tersedia. Caranya adalah sebagai berikut;

Bahan yang di perlukan;
  • Potong Plastik kresek tipis, ukuran lebar 50mm, Panjang sesuai kebutuhan
  • Mancis
  • Kain Lap 
Caranya Membuatnya;
  • Sambung kabel dengan benar dan pastikan dalam kondisi menyatu dan terikat kuat,
  • Plastik kresek di bungkuskan (di lilitkan) pada bagian sambungan kabel,  
  • Tarik Plastik kresek pada sambungan agar kencang, 
  • Setelah terpasang dengan benar, panasi bagian ujung plastik kresek dengan mancis (lakukan dengan gerakan dan posisi mancis sedikit jauh dari kresek),
  • Tekan-tekan bagian kresek yang terkena panas menggunakan kain, agar sambungan merekat pada kabel,  
  • Bila ada bagian yang tidak ketat, bisa di panasi kembali dan di tekan-tekan.
Metode ini hampir sama dengan menggunakan pembungkus dan pelapis sambungan kabel Heat Srink atau selang bakar.
Sekian artikel Trik Kantong Kresek Plastik Pengganti Isolasi Sambungan Kabel, semoga bermanfaat, bisa di aplikasikan ketika dalam keadaan mendesak. Tetap berhati-hati dan jaga keselamatan kerja, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel