Peluang Usaha Untuk Menuju Keuangan Mandiri bagi Pekerja

Saat ini terdapat berbagai macam peluang di dunia usaha yang bisa kita ambil kesempatan tersebut, sebagai penghasilan sampingan atau bisa di jadikan sebagai penunjang utama ekonomi keluarga.

Sebagai karyawan kita akan mengalami masa pensiun, sebagai pekerja harian atau pun pekerja freelance pada masanya pasti akan berhenti atau di berhentikan dari perusahaan tempat kita bekerja. 

Usaha Jasa, Sewa Menyewa, Pendidikan, Kursus, Belajar autocad

Sebelum kita mengalami kondisi terpuruk, ada baik kita harus mempersiapkan diri . Hal buruk apa yang akan kita alami?

Jawabanya adalah ketika bekerja mungkin kondisi keuangan kita bisa stabil, apabila sakit perusahaan masih menjamin dengan memberikan fasilitas pengobatan, setiap akhir bulan kita akan mendapatkan penghasilan atau gaji, serta memperoleh tunjangan lainnya.

Untuk yang bekerja di perusahaan multinasional, perusahaan minyak dan gas, offshore atau yang bekerja di perusahaan asing,  pasti setiap bulan jauh lebih baik kehidupannya dengan penghasilan mendapatkan yang cukup besar.

Namun perlu di ingat...apa bila tata kelola keuangannya tidak benar dan tepat, penghasilan yang besar pada setiap bulannya diperoleh akan habis dan tidak meninggalkan cadangan untuk memenuhi kondisi yang di luar rencana. 

Seperti musibah, membutuhkan biaya berobat, atau pulang kampung karena hal yang mendesak, dan masih banyak faktor-faktor yang mengharuskan kita mengeluarkan biaya besar. 

Bila kondisi tersebut terjadi maka, kita akan mengalami kesulitan ekonomi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Motivasi Membangun Keuangan Mandiri

Bagi saya definisi membangun keuangan mandiri, adalah merencanakan dan megambil peluang usaha, yang mampu memenuhi kebutuhan keuangan, meskipun dalam kondisi sudah tidak lagi bekerja sebagai karyawan.

Persiapan keuangan mandiri sebaiknya di mulai saat kita masih bekerja, sehingga pada saatnya kita tidak lagi berstatus Karyawan, Maka kita sudah dalam kondisi siap untuk makin fokus dan penuh waktu sebagai usawahan yang mandiri.

Selama tidak bekerja kita bisa juga memanfaatkan waktu untuk memulai melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa menghasilkan uang. Meskipun pada kenyataannya mungkin kecil, tidak sebesar penghasilan saat masih bekerja, tetapi paling tidsk bisa membantu mencukupi kebutuhan hidup kita dan keluarga. 

Ada banyak hal yang bisa di kerjakan untuk menghasilkan uang, untuk mengantisifasi kestabilan keuangan kita.

Langkah Persiapan Menuju Keuangan Mandiri

Langkah awal yang bisa di lakukan untuk memulai persiapan menuju keuangan atau ekonomi mandiri, adalah dengan melakukan langkah-langkah yang tepat maka nanti kita akan berada pada situasi yang nyaman.
Berikut beberapa persiapan menuju keuangan mandiri, yang bisa di mulai sejak dini; 

Menyususun anggaran Keuangan
Buatlah anggaran keuangan yang baik, dengan memperkirakan kebutuhan hidup dasar dengan penghasilan yang kita peroleh, seperti kebutuhan pokok harian, makan, pembayaran wajib bulanan listrik, air, sekolah anak,  cicilan hutang dan semua kewajiban yang harus di bayar. 

Mengontrol pengeluaran
Hal yang tidak kalah penting yaitu, mengontrol pengeluaran, dengan mengurangi kegiatan yang belum begitu penting, seperti liburan, membeli kendaraan baru dan sebagainya, kemudian dana tersebut bisa di simpan sebagai kekuatan tambahan untuk keuangan kita

Mempunyai Tabungan
Sebelum masa bekerja kita habis, berhenti atau di berhentikan sebagai karyawan, ada baiknya mulai menyisihkan uang dengan menabung. Bisa di jadikan sebagai dana talangan bila terjadi kondisi yang tidak di rencanakan., atau bisa juga nanti di jadikan modal usaha bila memang sudah tidak bekerja lagi. 

Mengumpulkan Aset atau Investasi
Mulailah melakukan investasi selama kita masih bekerja dengan mengumpulkan aset sedikit demi sedikit. Bisa membeli property dan di jadikan rumah sewa atau kos-kosan, Logam mulia, jual beli saham, menjual barang secara online, dan berbagai macam investasi dan peluang usaha lain yang bisa kita mulai kerjakan.

Usaha Jasa
Bisa saja kita memulai usaha bidang jasa, memang masih memberikan janji yang cukup baik, karena dengan bermodalkan keahlian saja kita sudah bisa menghasilkan uang.
Mungkin latar belakang pendidikan dan pekerjaan kalian seorang Engineer, bisa saja buka usaha les belajar menggambar dengan Autocad, 3D max dan banyak lagi.
Usaha jasa menyewakan kendaraan, peralatan musik, Perlengkapan perkawinan dan masih banyak lg.

Masih banyak peluang usaha yang bisa di mulai dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal, tergantung bagaimana kita bisa membaca peluang itu.

Semoga dengan persiapan yang tepat dan terencana, akan memberikan kesiapan kita menuju keuangan mandiri, dengan memiliki usaha dan penghasilan yang bisa menunjang kelangsungan hidup kita nanti dengan baik. Salam Sukses.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel