Cara Membuat Sarung Pisau dengan Menggunakan Pipa PVC - Works process

Produk pipa PVC sudah pasti tidak asing lagi bagi kita, banyak di manfaatkan untuk mengalirkan air atau yang berbentuk fluida cair dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya. 

Pipa PVC ini terbuat dari bahan Polyviny Chloride, merupakan salah satu Polimer Thermoplastik yang mempunyai daya tahan tinggi. Banyak di pergunakan pada peralatan rumah tangga, seperti saluran pembuangan air dari wash basins, saluran air dari kamar mandi dan banyak lagi fungsi yang lain.


Trik seni merubah pipa pvc menjadi hasil seni
Sarung Pisau Pipa PVC

Selain di pergunakan dalam bentuk fungsi utamanya sebagai bahan saluran  untuk mengalirkan benda cair melalu pipa PVC,  banyak juga sekarang di pakai untuk bahan kerajinan dan aneka kreasi dengan bermacam macam bentuk dan fungsi. 
Banyak pengrajin membuat pipa PVC ini menjadi kursi, meja, rak buku, pot bunga hidroponik dan masih banyak lagi hasil karya dari bahan PVC.

Pada artikel ini akan membahas mengenai cara membuat sarung pisau unik dari bahan pipa PVC, sehingga memberikan bentuk yang berbeda dari PVC aslinya.

Proses Membuat sarung dengan Pipa PVC

Berawal dari pisau yang di pergunakan untuk memotong tali tanpa di bungkus, maka keluar inspirasi untuk membuat sarungnya agar aman dan sekaligus menambah daya tariknya.

Mengapa memilih bahan pipa PVC sebagai bahan untuk membuat sarung pisau, karena PVC memiliki tekstur yang lentur, kuat dan mudah untuk di bentuk, dengan dua macam warna abu-abu dan putih akan semakin menarik.

Sebaiknya yang pergunakan pipa PVC dengan diameter 4 inchi atau 100 mm untuk di belah menjadi dua untuk ukuran pisau sedang. Potong PVC sesuai kan  panjangnya dengan ukuran pisau.

Kemudian di belah menjadi dua, selanjutnya bentangkan di buat rata dengan menggunakan mesin pemanas atau heat gun yang sering di pergunakan untuk melekatkan segel pada air galon. 

Di panasi lagi hingga terlihat agak lembut, kemudian di lipat lagi dengan mengikuti lebar dari pisau, di tekan dengan menggunakan besi atau pemberat lainnya agar rapat di kedua sisinya. 
Setelah PVC terbentuk sesuai dengan model pisau, di lanjutkan dengan memotong dan merapikan PVC dengan mengikuti lekuk dari bentuk pisau yang sudah kita buat tadi.

Rekatkan kedua sisi yang sudah di lipat tadi menggunakan lem super atau UHU agar tidak terbuka kembali.
Setelah melekat dengan kuat, gosok permukaan PVC dengan menggunakan amplas atau kertas pasir ukuran 1000, agar menghasilkan permukaan yang halus.
Lanjutkan dengan mencuci sarung PVC tadi dengan air sabun dan di gosok gosok menggunakan busa, hingga menghasilkan permukaan yang halus dan lebih mengkilap.
Baca Juga:

Untuk model sarung pisau bisa di buat dan di sesuai kan dengan keinginan serta selera, hingga bentuk sarung pisau dari pipa PVC ini kelihatan unik dan bernilai seni yang tinggi.

Pengalaman ini di dapat selama bekerja dengan team diving di lokasi kerja lepas pantai, pada saat waktu standby karena cuaca yang tidak memungkinkan untuk bekerja, sehingga untuk memanfaatkan waktu agar tidak jenuh.

Sekian artikel tentang cara membuat sarung pisau dari pipa PVC, semoga memberikan manfaat. Terima kasih


0 Response to "Cara Membuat Sarung Pisau dengan Menggunakan Pipa PVC - Works process"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel