Mengenal Alat Potong Besi pada Lokasi Kerja Bawah Air - Works process

Pekerjaan Pemotongan pada pekerjaan konstruksi sudah pasti banyak yang mengenalnya, terutama di kawasan kerja fabrikasi, workshop dan tempat kerja lain. 
Peralatan yang sering di pergunakan adalah cutting torch dengan menggunakan LPG and Oxygen. Kalau melakukan pekerjaan pemotongan material dengan bahan dasar besi di bawah air peralatan yang di pergunakan sangat berbeda.

Pekerjaan pemotongan besi di bawah air tidak menggunakan LPG dan oxygen, tetapi menggunakan batangan yang hampir mirip dengan kawat gouging las Gouging karbon arc.
Pelaksana pemotongan di bawah air di lakukan oleh seorang penyelam profesional dan sudah berpengalaman melakukan pekerjaan di bawah air (under water)

diver menggunakan broco cutting rods
Penyelaman Melakukan Pekerjaan Pemotongan

Peralatan untuk melakukan pemotongan besi di bawah air dengan menggunakan ultrathermic underwater cutting rods dan menggunakan mesin welding dan di bantu oleh media Oxygen.
Penggunaan underwater cutting rods merupakan cara tercepat, efesien dan lebih murah dari segi biaya bila di banding dengan alat potong bawah air lainnya, seperti cold cutter diamond wire Saw.

Batang pemotong (cutting rods) Ultrathermic menghasilkan suhu lebih dari 10.000 derajat fahrenheit.
Lebih cepat dan mudah untuk melelehkan dan menghancurkan semua bahan bahan material seperti besi, stainless, cast iron (besi cor), kuningan. 

Cutting rod atau batang pemotong dapat menyala dengan menggunakan sumber arus listrik atau mesin las, atau dengan bateri 12 hingga 24 volt dan juga di dorong oleh aliran oxygen yang selangnya di ikat bersamaan dengan kabel power cutting torch nya. 

Untuk oxygen sebaiknya menggunakan tekanan 90 psi atau seminimal mungkin, agar bisa menghemat biaya, mengingat harga Oxygen cukup mahal.

Peralatan Potong Besi di Bawah Air

Berikut beberapa perlengkapan alat pemotong yang di pergunakan untuk melakukan pekerjaan pemotongan atau pemisahan material besi di bawah air; 

1. Cutting Torch under water  
2. Cutting Rods (Batang Pemotong) 3/8 inchi x 18 inchi
3. Neoprene , O-ring nut ke Handle seal
4. Collet Nut
5. Flash Arrestor
6. Penggantian Hadnle Screw set complete dengan Nuts
7. Couples Hose
8. O-Ring set
9. Control Valve repair Kit
10.kabel las (penghugung ke mesin Welding)
11.Box kontrol Pemutus Arus


Perlengkapan Alat Potong Bawah Air

Yang perlu di perhatikan adalah ketika sedang bekerja menggunakan cutting torch di bawah air ini, harus ada yang mengontrol alat pemutus arus listriknya, Fungsinya bila batang pemotong sudah terbakar maka arus harus di putus, dengan menggunakan alat khusus yang di buat. 

Batang potong khususnya merek Broco arus listrik maksimum 150 ampere, untuk membantu proses pembakaran awal, dan selanjutnya akan di putuskan hubungan listriknya, hanya oxygen saja yang terus mendorong pekerjaan pemotongan. Panjang satu batang potong sekitar 18 inchi (457.2 mm) dengan diameter 3/8 inchi

Pergunakan sarung tangan khusus untuk penyelam bila melakukan pekerjaan memotong material. Tempatkan posisi yang tepat dan perhatikan arah arus air.

Sekian artikel tentang alat potong material besi di bawah air, semoga bisa menambah bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel