Boat Landing Platform: Sarana Transfer Pekerja di Lokasi Lepas Pantai - Works process

Boat Landing merupakan fasilitas transport bagi personel yang akan naik ke lokasi kerja lepas pantai. Terdapat di platform pengeboran lepas pantai, pada Floating storage and offloading (FSO) atau floating production storage and offloading (FPSO).

Di rancang untuk memudahkan boat kecil sandar serta sebagai tempat pendaratan personel dan krew naik dan turun dari kapal ke lokasi kerja, dalam pergantian rotasi kerja yang sudah di tentukan.

sarana transfer pekerja di lokasi lepas pantai
Posisi Boat Landing pada FSO lepas pantai

Kapal akomodasi dan kru boat akan merapatkan posisi di bagian buritan ke tempat pintu akses yang memang di rancang untuk memudahkan proses perpindahan.


Fungsi dan Kegunaan Boat Landing (Sandar Kapal) 


Boat landing ini di rancang dalam berbagai ukuran dan pengaturan sesuai dengan kebutuhan pada lokasi tempat akan di pasang dan di pergunakan. 

Penggunaan boat landing ini berfungsi sebagai fasilitas yang berhubungan dengan operasional kerja lepas pantai. Cara ini merupakan salah satu pilihan yang di pergunakan untuk menggantikan fungsi Helikopter bila tidak tersedia di lokasi kerja FPSO, FSO atau anjungan lepas pantai.

Boat landing sebagai tempat kapal pengangkut personel yang akan merapat pada struktur lepas pantai, harus bisa mengakomodasi boat, kapal  tersebut dalam kondisi air pasang mau surut, sehingga tidak mempengaruhi jalannya operasional kerja. 

Struktur bangunan boat landing tempat transfer personel harus mampu menahan situasi cuaca buruk dan mempunyai kekuatan menahan hempasan gelombang yang bisa terjadi melebihi dari ketinggian di atas permukaan air rata-rata serta benturan dari kapal yang akan sandar.

Selain di bangun dengan menggunakan material H-beam atau dari bahan pipa, boat landing juga di lengkapi dengan rubber fender. 


Rubber fender atau karet fender merupakan suatu produk yang terbuat dari karet yang di rancang khusus untuk menyerap energi benturan dari kapal.

Fungsi nya sebagai bumper untuk menahan benturan kapal pada saat proses sandar, sehingga antara badan kapal dan tempat pendaratan tidak mengalami kerusakan akibat benturan yang keras.

Berikut terdapat beberapa jenis dan tipe Rubber fender yang di pergunakan di berbagai lokasi seperti pelabuhan, dermaga dan sebagainya, yaitu;
Super cell fubber, Cone rubber fender, berbentuk huruf A, D,V, ada juga yang berbentu bulat atau Silinder. Ada juga tipe kotak atau square rubber fender.
Jenis dan tipe dari keret fender di pergunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya.

Untuk boat landing atau pendaratan kapal di FSO, FPSO dan anjungan lepas pantai sering di pakai tipe Kotak dan bulat.
Baca Juga: 

Proses perpindahan personel dan kru melalui pendaratan kapal (Boat Landing)

Proses perpindahan personel dan kru di lakukan dengan posisi kapal pengangkut dengan posisi buritan sandar ke arah boat landing.
Pada lokasi ini tersedia beberapa tali sebagai tempat berpegangan personel dan kru ketika akan berpindah dari kapal ke boat landing.

Proses perpindahan personel dan kru yang harus di perhatikan, sebagai berikut; 

Pergunakan work vest atau pakaian rompi pelampung yang sudah di sediakan.

Berbaris dengan teratur serta sabar menunggu giliran tiba, tidak perlu salin dorong atau rebutan, karena semua pasti akan mendapatkan kesempatan.

Yang harus di perhatikan adalah jangan pernah membawa peralatan atau tas ketika akan melompat atau melangkah menuju sisi dari pendaratan Kapal, usahakan berpegangan menggunakan kedua tangan pada tali transfer tersebut. 

Selalu fokus dan ikuti perintah dari kru kapal yang bertugas menjaga selama proses perpindahan.

Tas dan perlengkapan akan di kirim oleh kru yang bertugas ke atas dek kapal atau di area pendaratan barang-barang. 

"Utamakan keselamatan dan kesehatan selama perjalanan menuju lokasi, jaga masing-masing barang bawaan anda, selalu berhati-hati selama proses perpindahan dari kapal ke lokasi boat landing"

Sekian artikel tentang sarana transfer pekerja di lokasi lepas pantai, semoga bermanfaat. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel