Menulis Resume untuk Melamar Pekerjaan | Worksprocess

Lowongan kerja tentu membutuhkan persiapan resume atau sering menyebutnya dengan surat pengalaman bekerja, termasuk juga melampirkan pas photo, foto copy identitas, dan yang sudah memiliki pengalaman bekerja sebaiknya melampirkan photo copy dokumen surat keterangan bekerja dari perusahaan sebelumnya.
Sebelum membuat resume di persiapkan data-data yang dibutuhkan, sehingga informasi yang di sampaikan bisa dengan jelas dan di mengerti oleh pihak perusahaan yang akan merekrut anda.


Menulis Resume untuk Melamar Pekerjaan


Resume yang di buat harus menjelaskan identitas diri secara lengkap, seperti alamat tinggal, nomor telpon atau alamat email yang aktif untuk di hubungi, pendidikan, sertifikat yang berhubungan dengan pekerjaan, menjelaskan keahlian yang di miliki, dokumen pelatihan dan semua informasi di rangkum menjadi satu dan disusun dengan rapi, sehingga mudah di baca dan di pahami.

Pastikan dokumen yang di sampaikan dengan uraian dengan lengkap, sehingga perusaahan yang membuka peluang kerja akan tertarik untuk menjadikan anda sebagai kandidat dan pantas untuk di panggil wawancara oleh perusahaan tersebut.

katakan dalam resume anda apa saja yang menjadi kemampuan dan keterampilan yang dimiliki untuk pekerjaan yang anda lamar.

Apa saja yang akan dituliskan pada curriculum vitae atau riwayat hidup , agar bisa menjelaskan informasi semua tentang anda dan bisa membuat jadi menarik untuk di jadikan calon pekerja.

Beberapa Tips cara membuat resume

Berikut hal penting yang bisa di lakukan pada saat membuat resume yaitu;
Penggunaan Huruf
Pergunakan huruf yang jelas, dan mudah untuk di baca, tidak perlu menggunakan variasi dan menambah-nambah warna dan sebagai. 

Data Pribadi
Data pribadi adalah bagian yang menjelaskan tentang informasi nama, Jenis kelamin, alamat tinggal, nomor telpon atau nomor whatsapp dan alamat email anda

Uraian Pengalaman atau bidang keahlian
Bagian ini menjelaskan ringkasan tentang perjalanan karier anda, sebagai contoh; pernah bekerja 10 tahun sebagai engineering konstruksi, mampu membuat design dan lain sebagainya

Pendidikan
Cantumkan pada baris selanjutnya tentang education atau pendidikan formal terakhir dan juga jelaskan pendidikan non formal, misalnya anda pernah mengikuti kursus bahasa asing, pelatihan bidang keahlian anda.

Kursus atau Pelatihan
Jelaskan pelatihan dan sertifikasi apa saja yang pernah kalian ikuti, cantumkan bidang apa dan tahun sertifikasi nya, sebagai contoh; Welding inspector courses, No. sertifikat serta tahun mengikutinya. 

Dokumen Perjalanan
Pada bagian ini jelaskan dokumen apa saja yang kamu miliki untuk perjalanan seperti pasport, Sea man book, Safety pasport, Medical checck up  (check kesehatan).

  • Tulis nomor pasport serta tanggal pembuatan dan masa berlakunya, 
  • Seaman book bisa di tulis bila ada (dokumen ini biasa pelaut atau pekerja di offshore barge atau works barge) 
  • Safety pasport atau Basic safety training wajib diikuti dan dimiliki bagi anda yang akan bekerja di offshore

Bidang Keahlian
Cantumkan keahlian apa yang anda miliki, seperti mahir komputer Autocad 2d dan 3D, photoshop, coreldraw, Microsoft project schedule dan sebagainya

Baca Juga:
Bagian ini untuk menjelaskan pengalaman selama kamu bekerja, cantumkan nama perusahaan, jabatan apa, nama project atau pembangunan apa yang anda kerjakan. lokasi kerja serta durasi atau lamanya kamu bekerja. 
Bisa masukkan juga detail pekerjaan yang kamu lakukan selama bekerja disana, sebagai contoh;
Perusahaan          : PT. Work process
Jabatan                : Engineer
Proyek                 : Fabrikasi Living Quater facility (LVF)
Lokasi                  : Jakarta
Masa Kerja           : 12 Juni - 12 Nopember 2019
Tugas                   : Membuat gambar modelling, memastikan schedule project, 
                              
Semua informasi yang sudah di tulis diatas bisa kamu sesuaikan dengan kondisi apa yang menjadi bidang kerja kamu, sertifikasi yang pernah kamu ikuti.

Apa yang kita tuliskan di dalam curriculum vitae adalah harus sesuai dengan apa yang sebbenarnya kamu pernah kerjakan, dan merupakan satu keahlian yang kamu miliki.

Periksa kalimat secara teliti dan pastikan tulisan sudah benar, dan tidak terjadi kekeliruan.
Semoga pengalaman yang sudah saya tulis ini bisa bermanfaat dan anda akan sukses mendapatkan pekerjaan sesuai yang anda harapkan, serta tulisan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan.šŸ‘

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel