Aplikasi Tabel Material Standar Pipa Ukuran, Ketebalan dan Berat | Unduh Gratis

Material pipa adalah benda berbentuk lubang silinder dengan lubang di tengahnya yang terbuat dari logam maupun bahan-bahan lain sebagai sarana pengaliran atau transportasi fluida berbentuk gas, cairan maupun di pergunakan untuk menyalurkan angin.

Pemilihan material pipa harus dilakukan dengan cermat dan tepat, agar supaya sesuai dengan kebutuhan dan tidak terjadi kesalahan.

Aplikasi Tabel Material Pipa Standar, Ukuran dan Berat

Untuk memilih material pipa yang terbaik, maka perlu dipertimbangkan beberapa faktor, baik yang terkait langsung dengan kondisi proses maupun yang tidak terkait langsung dengan kondisi proses atau faktor non-proses.

Berikut faktor pemilihan pipa berdasarkan penggunaan material tersebut, yaitu;
  • Berdasarkan Jenis katagori Fluida yang akan di alirkan di dalam pipa
  • Ukuran suhu dan temperatur cairan yang akan di alirkan
  • Besarnya Tekanan atau pressure cairan
  • Mempertimbangkan kondisi lokasi pipa tersebut akan di pergunakan

Tabel Material Standar Pipa Ukuran, Ketebalan dan Berat

Daftar material pipa biasanya terdapat pada katalog baik berbentuk hard copy fisik maupun e-book.

Untuk mencari ukuran pipa beserta standar dan berat dari masing-masing material tersebut pasti membutuhkan waktu, apa lagi harus mencari satu persatu ukuran pipa  hingga menemukan pada pilihan material yang kita butuhkan.

Kali ini ada satu aplikasi yang di buat dengan menggunakan Microsoft Excel, sehingga dengan mudah bisa di pergunakan, dan semua perangkat komputer dan ponsel sekarang sudah di lengkapi dengan software tersebut, sangat mudah di pergunakan.

Dengan adanya aplikasi ini kita dengan mudah mencari jenis pipa lengkap dengan ukuran, ketebalan, berat serta terdapat lima pilihan standar yakni; API, JIS, ASTM, AISI dan BS. Selain itu kita juga akan mendapatkan informasi area dari pipa yang kita pilih.

Berikut table schedule material pipa yang bisa anda unduh, yaitu;
  • Pertama unduh aplikasi Table Material Standar Pipa (Klik Disini)
  • Jalankan File Microsoft Excel 
  • Akan Tampil Aplikasi standar pipa
  • Masukkan Jenis material, Ukuran pipa, Schedule, standar
Setelah di masukkan semua data yang di minta pada tabel yang tampil, maka akan di dapatkan hasil secara detail hingga berat pipa dalam Kilogram.

Baca juga:
Dengan menggunakan table material pipa ini maka pekerjaan anda akan lebih cepat dan efisien. Tidak membuang waktu harus mencari satu persatu informasi jenis material pipa yang anda butuhkan. 

Sekian artikel ini, membahas tentang Aplikasi Tabel Material Pipa Standar, Ukuran dan berat, semoga bisa bermanfaat untuk pekerjaan anda, terima kasih. 👍

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel