Cara Menambal Lambung Kapal Yang Bocor - Works Process

Kebocoran Kapal merupakan peristiwa yang tidak akan mau di alami siapa pun, baik dari awak maupun pemilik kapal itu sendiri.
Terkadang kejadian ini masih saja terjadi, di karenakan oleh banyak hal, sehingga kebocoran pada bagian kapal besi, perahu kayu atau pun berbahan karet tidak bisa di hindarkan.

Beberapa penyebab kebocoron bisa di karenakan umur dari kapal tersebut, plat lambung sudah mengalami korosi, kalau perahu kayu sudah keropos, dan perahu karet biasanya sudah mulai terkelupas pada sambungan.
Terjadinya tabrakan dan menabrak karang atau terkena benda tajam yang bisa mengakibatkan kapal atau perahu tersebut mengalami kebocoran pada lambung.

Bila hal tersebut terjadi, awak kapal harus segera mengatasinya dengan cepat dimana bagian bocor berada, sebelum air masuk memenuhi kedalam ruang tanki, kamar mesin atau pada perahu  di bagian lantai (extruded floor)

Beberapa Hal yang harus diperhatikan sebelum Menambal

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan bila terjadi kebocoran pada lambung kapal. Sebelum melakukan penambalan pada lubang yang bocor tersebut, ada beberapa hal yang harus di perhatikan antara lain;
  1. Pastikan lokasi kebocoran sudah di ketemukan dengan tepat
  2. Periksa Lubang dan ukur besar nya lubang tersebut
  3. Jangan mengukur dari posisi tepat di lubang tersebut, agar tidak terdorong oleh air yang masuk kedalam
  4. Bila Lubang nya kecil atau retak, hanya terjadi rembesan tandai lokasi tersebut dengan menggunakan kain atau benda lain yang mudah terlihat
  5. Gunakan pompa bila ruangan kapal atau tanki sudah di genangi oleh air

Berikut Cara Mengatasi Kebocoran Lambung Kapal

Cara Pertama Memakai Tanah Liat
Bahan yang di butuhkan adalah Tanah liat yang berwarna coklat muda atau abu abu, semen dan sedikit air. Untuk ukuran jumlah Tanah liat atau clay 60% dan semen lebih sedikit ukurannya yaitu 40%. 

Campurkan Tanah dan semen sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Seperti orang yang sedang membuat adonan kue. Tambahkan air sedikit air untuk menyatukan bahan tersebut. Buat hingga betul-betul tercampur rata. 

Bila mau lebih cepat kering tambahkan lagi semen ke dalam tanah liat. Buat bentuk bola-bola agar lebih mudah untuk menambalkan nya di tempat lokasi yang bocor.

Pada bagian luar sebaiknya di pasang oleh penyelam, agar mampu menahan dorongan air tidak mengalir kedalam. Sesuai dengan pengalaman saya, adonan tanah liat dan semen ini cukup kuat untuk menambal lubang kebocoran. 
bahan semen dan tanah liat

Cara Kedua Menggunakan Plat
Persiapkan plate dengan ketebalan 8 mm dan  potong persegi empat sebanyak 2 lembar, besar nya mengikuti besar bocor. Ambil baut dengan panjang 20 cm atau menggunakan stud bolt. Kemudian lubangi bagian tengah plat. Setelah siap pasangkan plat pada bagian sisi luar dan pada bagian sisi dalam. 
Lapis sisi bagian dalam dari plate yang akan di pasang dengan menggunakan rubber sheet atau lembaran karet, agar pada saat di pasang benar-benar kedap tidak terjadi rembesan air. Untuk pemasangan bagian sisi luar di butuhkan seorang penyelam. 

bahan dipakai plat dan baut


Cara Ketiga Menggunakan Plug Kayu
Biasanya di kapal terdapat kayu penyumbat lubang atau plug. Ukur besar diameter lubang  yanga bocor pada lambung tersebut, kemudian buat kayu tersebut mengikuti besar lubang bocor. Masukkan kayu plug pada bagian lubang bocor hingga air berhenti mengalir.

Menambal Kebocoran Pada Perahu Kayu

Saya beberapa kali melihat pemilik kapal kayu menambal bocor pada sambungan bagian papan perahunya dengan menggunakan Tepung damar hitam. Bahan baku tepung damar tersebut dari gumpalan getah damar. Dengan damar daya rekatnya cukup kuat untuk menyatukan antar kayu pada perahu.

Tepung damar hitam yang bahan bakunya dari damar atau gumpalan getah dari berbagai jenis pepohonan ini sangat baik digunakan untuk menambal perahu yang bocor, terutama pada sambungan bagian papannya. Damar tersebut dapat mencair apabila dipanaskan dan bersifat sebagai perekat yang dapat menyatu dengan kayu.

Bahan getah Damar tersebut ditumbuk  hingga halus dan kemudian dicampur dengan serbuk kayu atau bisa juga menggunakan minyak tanah. Kemudian, diaduk rata  bahan tersebut, hingga menjadi tepung damar yang siap dipergunakan  untuk menambal perahu yang bocor. Getah Damar memiliki  daya rekat kuat dan bisa bertahan cukup lama.

Demikian artikel cara menambal lambung kapal yang bocor, semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel