3 Cara Membengkokkan Pipa PVC dengan Mudah dan Efesien - Works Process

Pipa paralon atau PVC (polyvinyl chloride) bukan sesuatu yang baru di lingkungan kita, dan semua tahu fungsi dari pipa tersebut, yaitu untuk mengalirkan cairan atau liquid menuju tempat yang sudah di atur. 

Bahan pipa PVC sudah semakin banyak di pergunakan, karena selain bahan yang ringan, mudah di dapat dan juga bisa bertahan lebih lama, tidak terkena dampak korosi. 

Untuk kebutuhan untuk mengalirkan air atau objek lainnya, pipa PVC juga di lengkapi dengan fitting, seperti elbow, tee, reducer, kran air, plug, serta banyak lagi macam-macam fitting yang ada sesuai dengan kebutuhan.

Kalau penggunaan pipa pvc untuk merubah arah dari kiri, kanan, atas dan bawah  biasanya dengan menggunakan elbow atau dengan fitting berbentuk Tee dan cross. Kali ini kita akan membengkokan arah pipa tanpa mempergunakan fitting pipe.
Berbagai cara membengkokkan arah dari pipa paralon


Bermacam ukuran Pipa PVC

Terdapat beberapa macam ukuran pipa PVC yang biasa terdapat di pasaran memiliki panjang 4 meter dengan diameter 5/8, ½, ¾, 1,  1 ½, 2, 2 ½, 3, 4, 5, dan ukuran 6 inci.
Pada artikel ini kita akan membahas cara membengkok kan pipa pvc tanpa menggunakan fitting.

Beberapa cara Membengkokkan Pipa PVC

1. Air Panas
Beberapa bahan yang perlukan untuk membengkokkan pipa pvc adalah;
  • Air panas 
  • Tali rapia atau kawat bisa juga 
  • Pipa pvc 
Dengan cara Heat gun, Air Panas, Media Pasir
Bahan Pipa PVC

Sesuai dengan pengalaman saya, pipa yang paling mudah di bengkokkan dengan teknik ini, yaitu yang berukuran kecil, seperti 5/8, ½, ¾, 1,  1 ½


Cara kerjanya;


Pertama ikat ujung pipa pvc 1 ke ujung lainnya sehingga membentuk seperti huruf U. Selanjutnya air yang sudah kita masak dengan kondisi mendidik masukkan ke dalam lubang pipa tersebut. Tahan beberapa menit, hingga pipa menjadi lentur dan air terasa sudah menjadi sedikit dingin. 

Selanjutnya buang air tersebut dari dalam pipa dan buka ikatan, maka pipa pvc nya sudah berbentuk setengah lingkaran atau mirip dengan angka U


2. Media Pasir
Ada beberapa cara untuk membengkokkan pipa pvc, tanpa alat khusus  agar bisa mengikuti arah yang kita perlukan. Salah satunya dengan media pasir. 

Bahan yang di butuhkan;
  • Pasir 
  • Air kompor atau dari kayu 
Cara membuatnya agar membengkok adalah;
Tutup satu sisi pipa dengan kertas tebal, pakai duct tape atau bahan apa aja yang tidak gampang sobek. 

Kemudian masukkan media pasir ke dalam pipa paralon PVC kita, sambil kita tusuk-tusuk hingga padat. Setelah selesai kita mengisi pipa dengan penuh, tutup juga sisi yang satu nya, agar pasir yang di dalam pipa tersebut tidak tertumpah.

Hidupkan api dengan nyala sedang, selanjutnya panaskan pipa di atas api tersebut dengan cara maju mundur pipa pada area ukuran yang akan di bengkokkan. 

Usahakan api nya jangan terlalu besar sehingga proses pemanasan tidak membuat pipa menjadi rusak.
Setelah pipa dalam kondisi sudah lembut, mulai lakukan proses pembengkokan dengan perlahan sesuai dengan kebutuhan.


3. Heat Gun atau Alat Pemanas

Bahan-bahan yang perlukan adalah;
  • Heat Gun atau alat pemanas
  • Pipa PVC sesuai kebutuhan
Cara membuatnya adalah;

Pertama potong pipa sesusai kebutuhan, selanjutnya ukur pada bagian yang akan di bengkok kan, sesuai dengan kebutuhan kamu. Panasi area tersebut dengan heat gun, sambil di gerakkan dari satu arah ke ujung arah lain yang akan di belokkan. 

Usahakan alat pemanas atau heat gun jangan terlalu lama berada di satu sisi dari pipa, karena pipa nya akan terlalu lembut dan mempengaruhi bentuk dari pvc tersebut.

Dengan alat pemanas sangat mudah di kerjakan, semua ukuran pipa hingga 6 inci pernah saya panaskan dan bisa menjadi bermacam-macam bentuk, tidak terlalu rumit dan tidak memakan waktu lama di banding dengan cara membengkokkan dengan air panas

Baca Juga: Tips Ampuh Membuka Sambungan Pipa PVC sudah di Lem

Catatan:

Heat gun atau alat pemanas adalah peralatan yang digunakan untuk memancarkan aliran udara panas, biasanya pada suhu antara 100°C dan 550°C (200-1000° F), dan ada beberapa model panas berjalan sekitar 760°C / 1400°F. 

Bentuk nya menyerupai seperti head dryer untuk pengering rambut, cuma alat ini lebih panas dan tinggi temperaturnya.

Sekian artikel tentang cara membengkokan Pipa paralon atau PVC, semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel