Cara Membuat Pot Tanaman Vertikal dari Pipa Paralon PVC - Works Process

Saat ini bercocok tanam dengan pot vertikal atau  vertikultur semakin banyak di gemari, selain bisa di buat pada lahan yang kecil, pot ini di buat dengan biaya terjangkau. Bahkan bila ada bahan-bahan paralon pvc bekas di rumah pun bisa di manfaatkan.

Pot paralon ini tidak di rekomendasikan untuk tanaman jenis besar, hanya untuk tanaman sayur yang berukuran kecil, seperti selada, kangkung dan beberapa jenis yang bisa di tanam pada pot vertikal ini.

Bentuk pot vertical paralon ini di buat berdiri tegak dengan posisi tanaman pada bagian pipa tersebut yang berisi tanah.


Pipa paralon dalam pot bunga



Bahan yang di butuhkan untuk Pot Vertikal 

Bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat pot vertical ini sebagai berikut;
  1. Pipa Paralon PVC ukuran ideal 4 - 6 inchi
  2. Pot Ukuran sedang atau bisa di ganti dengan Semen dan pasir
  3. Media Tanam campuran tanah dan kompos
  4. Pupuk Organik
  5. Kompor sebagai alat pemanas paralon
  6. Botol ukuran kecil, diameter 32 mm (1-1/4")

Cara membuat Pot Vertikal dari paralon

Setelah bahan dan alat sudah tersedia, maka dapat melakukan langkah selanjutnya;
  1. Potong Pipa paralon dengan panjang 1.5 meter 
  2. Gergaji paralon dengan lebar setengah dari paralon
  3. Ukur jarak dari lubang ke lubang 150 cm
  4. Panaskan paralon dengan api sedang, setelah cukup lembut masukkan botol dari bagian atas yang di potong (Untuk lebih jelas lihat pada ilustrasi gambar)
  5. Setelah semua selesai di buat lubangnya, masukkan pipa ke dalam pot dan isi dengan media tanah, sehingga bisa di manfaatkan juga untuk di tanam. 
  6. Untuk penunjang pipa bisa di pakai ember bekas atau bahan lain yang bisa di manfaatkan.
Bahan Pipa paralon PVC

Catatan: 
  1. Panjang pipa paralon di sesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah tanaman yang akan di tanam
  2. Besar Lubang pada pipa di sesuikan dengan besarnya jenis tanaman 

Memilih dan menyiapkan bibit tanaman

Pemilihan benih tanam memang mempunyai peranan sangat penting agar nanti tanaman yang di hasilkan akan memiliki kualitas cukup baik. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika akan membeli benih tanama;
  1. Belilah benih dari toko yang memang sudah terkenal menjual dengan kualitas baik
  2. Pastikan benih dalam kondisi baik, tidak dalam kondisi rusak, dan periksa tanggal kadaluwarsanya
  3. Selanjutkan siapkan medai tanah untuk tempat penyemaian benih tersebut, letak kan pada lokasi yang teduh, waktu tunggu sekitar 2-3 hari
Ketika benih sudah di tanam ke media pot paralon vertikal nya, maka selanjut nya yang wajib di lakukan adalah melakukan pemeliharaan, sehingga nanti menghasilkan panen yang cukup baik dan memuaskan. Berikut beberapa hal yang harus di lakukan;

Melakukan penyiraman secara rutin sehingga tananam tersebut dapat terpenuhi kebutuhan airnya. Untuk penyiraman dapat di lakukan sebanyak 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore.

Pemupukan di pergunakan pupuk organik yan terbuat dari pupuk kandang, campuran dari kotoran hewan ternak, seperti kerbau, sapi, kambing atau dari kotoran ayam. Pupuk jenis ini banyak mengandung nitrat, fosfat dan juga kalium yang tinggi, baik untuk kesuburan tanaman secara alami.

Pengendalian Penyakit pada tanaman adalah untuk menjaga dan memelihara hasil hasil tanaman secara kualitas maupun kuantitas. Upaya Pengendalian penyakit bermacam-macam cara yang di lakukan untuk menghilangkan penyakit pada tanaman. 

Sekian artikel cara membuat pot tanaman vertikal dari paralon. Simak trus artikel di blog worksprocess.blogspo.com. Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel