Mengenal Cutting Torch Fitter (Nozzle, Regulator, Flasback) dan Cara Penggunaan yang Benar

Cutting touch merupakan alat utama yang di pergunakan oleh fitter untuk melakukan pekerjaan pemotongan material di lokasi kerja industri konstruksi.

Cutting torch atau lampu potong merupakan peralatan utama yang di pakai untuk memotong dan membentuk kepingan material logam menjadi sebuah bentuk sesuai dengan di butuhkan.


Mengenal Cutting Torch Fitter (Nozzle, Tips Cleaner, Flasback) dan Cara Penggunaan yang Benar
Perlengkapan Cutting Torch Fitter
Pemilihan dan persiapan penggunaan cutting torch harus di lakukan dengan baik dan teliti, agar menghasilkan potongan yang bekualitas, selain itu tidak ada kecelakaan atau ledakan yang di timbulkan dari pemakaian peralatan yang tidak baik.


Pemilihan cutting torch Nozzle 

Pemilihan jenis cutting torch atau lampu potong harus tepat dan memilki kualitas yang baik, karena peralatan tersebut akan di fungsikan dengan suhu panas yang tinggi.
Cutting Torch memiliki lubang tunggal yang sama dan di tengah-tengah ujung nozzle tetapi memiliki beberapa lubang kecil di sekitarnya.

Lubang sekeliling untuk memberi supplai lebih oksigen dan menghasilkan api yang lebih kuat ketika anda mendorong tuas oksigen pada gagang pemotong.

Oksigen tambahan dari lubang tengah tersebut itu akan mengoksidasi material logam dengan sangat cepat, dan  ketika material sudah berada pada titik lelehnya. Pada waktu bersamaan semburan oksigen akan meniup kerak atau terak jauh dari arah lubang material yang kita potong.


Pemilihan Ukuran Nozzle Cutting Torch

Pemilihan dan penggunaan nozzle tergantung dari ketebalan material logam yang akan di potong, hal ini sangat penting di perhatikan karena ukuran lubang tengah pada ujung nozzle cutting berfungsi untuk memberikan supplai oksigen dan LPG atau acetelyne dengan tepat, sehingga kadar panas dengan ketebalan material cukup memadai. 

Pemilihan nozzle harus tepat, harus di sesuaikan dengan jenis pekerjaan dan material yang akan di potong. Pemilihan nozzle yang tepat akan sangat membantu kualitas pekerjaan dan proses pemotonga lebih cepat. 


Sebagai contoh untuk pekerjaan pemotongan plat repair kapal, di butuhkan nozzle dengan ukuran yang besar agar karat yang menutupi material dapat cepat terkelupas dan langsung mencapai dasar material yang akan di potong.

Nozzle untuk cutting torch tersedia dalam beberapa jenis dan tipe,  sesuai dengan kebutuhan kerja.

Berikut beberapa ukuran nozzle dan ukuran ketebalan material yang tepat untuk di potong serta tekanan oksigen yang di hasilkan, yaitu;



Ukuran Nozzle          Tebal Material          Pressure pada Oksigen

      (Inches)                    (mm)                           (Kg/cm2)

         1/32"                       3-6                                  1.5

         3/64"                      6-19                                   3
         1/16"                     19-100                                5
         5/64"                     100-150                               6
         3/32"                     150-200                              7.5
         7/64"                     200-250                               8
           1/8"                     250-300                               8



Baca Juga:


Cara Penggunaan Cutting Torch yang benar

Bagi pekerja yang menggunakan lampu potong atau cutting torch untuk memperhatikan peralatannya agar bisa berfungsi dengan baik.

Ada beberapa tips yang bisa di lakukan sebelum mempergunakan cutting torch sebagai berikut;
  1. Sebaiknya memeriksa semua sambungan yang ada pada bagian cutting torch, yang tersambung ke selang oksigen, LpG atau acetelyne ke regulator botol
  2. Memastikan tidak adanya kebocoran pada setiap sambungan, nozzle, selang oksigen, LGP, 
  3. Memasang Alasback Arrestor sebagai pengaman arus balik
  4. Memakai perlengkapan APD (Alat Pelindung Diri) harus di sesuaikan dengan standar seperti; face shield, sarung tangan khusus panas, kaca mata, safety shoes 
  5. Apa bila nozzle sudah terpakai, sebaiknya membersihkan lubang nozzle, karena lubang yang kotor akan menghambat sirkulasi lpg dan oxigen,  sehingga kualitas api yang di hasilkan tidak sempurna,  pengaruhnya kepada proses pemotongan material menjadi tidak memuaskan
  6. Botol oksigen atau acetelyne dan LPG harus dalam posisi tegak, di ikat agar tidak terjatuh serta jauhkan dari sumber api, minyak dan sumber panas lainnya.
  7. Mempersiapkan Tip Cleaner, cunting potong, hose repair tips, seal tape, pemantik api yang standar, kunci oksigen, LPG dan sebagainya
  8. Sebelum di pakai semua sambungan yang mempunyai ulir harus menggunakan seal tape, agar kedap dan terhindar dari kebocoran.
  9. Pastikan regulator Oksigen, LPG, Acetelyne serta penunjuk jarum tekana nnya masih dalam kondisi baik dan sesuai dengan volume tabung, sebelum di pakai lakukan tes tekan.
Catatan:
  • Flasback Arrestor fungsi nya untuk menahan arus balik agar bila ada api tidak langsung menuju jalur suplai gas, sehingga dapat di cegah terjadinya peristiwa kebakaran atau ledakan.
Sekian artikel mengenal Cutting Torch Fitter (Nozzle, Tips Cleaner, Flasback) dan Cara Penggunaan yang Benar, semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mengenal peralatan potong material baja, terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel