Tipe dan Jenis Alat Pemotong Logam Dengan Hasil berkualitas

Saat ini sudah banyak tersedia cara memotong material yang terbuat dari bahan logam dengan aman, mudah dan cepat, dengan hasil yang berkualitas. 

Berbagai mesin di tawarkan sebagai fasilitas penunjang untuk bekerja yang lebih effisien.

plasma laser cutting dan diamond wire saw
Source Photo: pxfuel.com

Dengan kemajuan teknologi semakin membantu dan memudahkan kita melakukan pekerjaan tersebut. Hal yang terpenting adalah mempertimbangkan ketebalan dan jenis material yang akan kita potong dengan peralatan yang akan kita pergunakan. 

Jenis dan Tipe mesin Pemotong Logam

Jenis dan tipe peralatan yang di pakai untuk melakukan pekerjaan pemotongan logam sebagai berikut;

1. Mesin Plasma 

Mesin plasma cutting di pergunakan untuk memotong jenis logam dan plat atau jenis material besi lainnya. Menggunakan mesin plasma akan menghasilkan potongan yang halus dan tingkat akurasi nya yang sangat baik dengan ukuran dan bentuk yang sama. 

Untuk penggunaan mesin plasma sering menggunakan CNC singkatan dari Computer Numerical Control. Komputer untuk kontrol Numerik ini dapat beroperasi dengan mengikuti perintah program secara abstrak dan memiliki media penyimpanan. Mesin plasma melakukan pemotongan logam secara otomatis dengan mengikuti perintah yang sudah di atur dalam pemprograman komputer. Aliran plasma dihasilkan dengan mengarahkan aliran gas inert melalui lubang di mana busur listrik mengionisasi gas.

2. Diamond Wire Saw

Alat ini di sebut juga sebagai cool cutter, karena sering di pergunakan untuk memotong logam di lokasi yang tidak di perbolehkan untuk mengeluarkan percikan api, seperti pemotongan kaki jacket, riser dan sebagainya.


alat potong dengan mata berlian


Mesin pemotong ini menggunakan kawat yang bermata berlian ini terdapat 2 macam tipe yaitu mesin potong di permukaan atas deck dan mesin khusus untuk melakukan pemotongan dalam air khusus di lengkapi dengan buoyancy atau pelampung. 
Menggunakan hydraulic power pack untuk menggerakkan motor yang terdapat pada mesin pemotong.

Alat ini banyak di pergunakan untuk pemotongan materia bulat seperti pipa, rantai mooring. Kemampuan potong DWS ini dari ukuran diameter kecil hingga yang berukuran besar seperti diameter 48 inchi (1,219.2 milimeter) bahkan bisa lebih.

3. Cut off Saw (Mesin Pemotong)

Mesin pemotong logam ini sebenarnya fungsinya sama dengan grinda potong tangan, hanya saja mesin ini menggunakan grinding disc dengan 2 mcam ukuran yaitu 14 inchi dan 16 inchi dan berukuran besar. Untuk pemakaian biasanya berada lokasi workshop.  Kecepatan putar mesin ini bervariasi ada dengan kemampuan di 2,300 rpm atau pada kecepatan 3,800 rpm.

Mesin ini idealnya di pakai untuk memotong logam dengan bentuk batangan, seperti pipa, angle bar, square bar dan sebagainya.

Baca Juga: 


4. Alat Potong Laser
Alat ini mampu memotong carbon steel, stainless steel, kuningan, tembag, aluminium dan juga bahan galvanis. Kapasitas mesin mampu memotong kepingan plat dengan ukuran panjang hingga 6 meter. Proses pemotongan plat dan pipa dengan mesin laser bisa di lakukan dalam waktu yang bersamaan, sehingga mampu menghemat waktu produksi dan hasil yang berkualitas dan bentuk yang presisi.

Semakin maju teknologi suatu mesin potong di rancang untuk memiliki kecepatan dan kualitas yang baik, tentu saja di barengi dengan harga yang cukup tinggi sesuai dengan hasil yang di tawarkan. Semua kembali kepada pengguna sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. 

Semoga postingan tentang tipe dan jenis alat potong logam dengan hasil berkualitas dapat bermanfaat, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel