Jenis dan Tipe Kamera Yang bisa di pakai Bawah Air - Works process

Melakukan kegiatan penyelaman merupakan sesuatu yang sangat menarik untuk di lakukan. Dengan penyelaman kita bisa melakukan pertualangan untuk bisa lebih dekat dengan kehidupan alam di bawah laut, apa lagi dengan keindahan panorama sangat luar biasa indah untuk bisa di nikmati. 

Penyelaman di perairan dalam maupun dangkal membutuhkan pelatihan khusus dari para pelatih selam professional, serta peralatan harus di sesuai kan untuk menghadapi tantangan yang lebih besar, termasuk salah satunya adalah kamera sebagai alat yang di pergunakan untuk mengabadikan kegiatan selama menyelam. 

Kamera merupakan peralatan yang wajib di bawa selama proses penyelaman, agar kita bisa mengambil photo dan video sebagai bahan dokumentasi. 


Jenis dan tipe kamera bawah air

Banyak terdapat jenis dan tipe kamera yang tahan air, bahkan bisa tahan di pergunakan sampai kedalam 100 meter. Selain kamera yang memang khusus di pakai penyelaman profesional untuk bekerja, saat ini banyak tersedia kamera dengan berbagai merek dan jenis yang bisa di pergunakan sebagai paralatan pendukung di bawah air.

Berikut beberapa jenis dan tipe kamera tahan air atau waterproof;

1. Kamera mini fixed focus warna dengan PAL Plug

Kamera ini khusus untuk penyelam komersial profesional bekerja, di pasang pada helmet dengan menggunakan plat penyangga. Biasanya sekaligus terpasang dengan lampu sebagai sumber penerangan. 
Selain terpasang di helmet penyelam kamera ini bisa juga di pasang pada kamera handle atau tray di pegang oleh penyelam untuk pengambilan gambar atau video selama proses penyelaman.

Kamera jenis ini langsung terhubung dengan Hdd DVR (Digital Video Recorder) sistem yang berada di ruang kontrol di atas permukaan, sebagai media komunikasi visual bagi team kerja.
kamera ini di pasang pada head penyelam KMB



2. Tipe Kamera Pocket Digital Tahan air

Olympus Tough TG-5 Water proof 

Jenis kamera ini memiliki ukuran 2.6 x 4.4 x 1.3 inchi, ada 5 mode untuk pemotretan di bawah air serta 3 mode untuk mengatur keseimbangan air. Dengan 4K resolusi yang di miliki akan memberikan hasil photo yang tampak hidup. 


Nikon COOLPIX W300 16MP 4k Ultra HD Waterproof Digital

Kamera merek Nikon coolpix ini cukup handal di pakai di dalam air bisa di jadikan pilihan untuk di pergunakan. Selain tahan air kamere ini juga cukup kuat menahan guncangan serta tahan beku dari suhu dingin.
Cocok di pergunakan untuk kegiatan di bawah air dengan 4K HD dan lensa 5x Zoom Source




  • bisa di andalkan untuk pengambilan gambar dengan hasil yang cukup memuaskan.

  • Canon D30 Waterproof Digital
  • Kamera bisa mencapai kedalam 25 meter, memiliki kemampuan hingga 12 megapixels , 28-140 mm (5x), dengan lebar layar 3 inchi. Kemampuannya cukup handal, pernah di pakai survey di air yang lumayan pekat kecoklatan masih menghasilkan photo yang lumayan baik.

  • Kenapa hanya tiga jenis kamera ini saya sampaikan, di sebabkan saya pernah memiliki dan mempergunakannya untuk pekerjaan di bawah air, sehingga saya bisa menyampaikan apa yang menjadi pengalaman saya sebelumnya.

  • Baca Juga:  Mengenal Pekerjaan Survey Dibawah Air - UWILD
  • Source

  • kualitas kamera water proof

    Penyebab Kamera Bawah Air Mengalami Kerusakan

    Kerusakan pada kamera di karenakan oleh beberapa hal, sehingga kamera yang biasa kita pergunakan mengalami kerusakan. Berdasarkan pengalaman ketika saya mengalami kerusakan pada beberapa kamera, maka dapat di simpulkan penyebab kerusakan yang terjadi terhadap kamera bawah air saya.
    1. Benturan atau hantaman benda keras akan mengakibatkan kerusakan terhadap kamera, layar langsung mengalami mati total, gelap tanpa tampilan
    2. Dipergunakan di kedalaman air melebih batas maksimal yang sudah di tentukan oleh pabrik pembuat kamera tersebut.
    3. Di pakai menyelam dan sering di bawa lompat dari ketiggian 2-4 meter berulang kali, sehingga terjadi benturan antara air dan kamera cukup kuat dan terjadi secara terus menerus, sehingga air masuk ke dalam kamera dan mengakibatkan mati total. 
    4. Solusi yang saya lakukan adalah meskipun kamera bawah itu sendiri sudah tahan air namun ada baiknya perlu di pasang sea frogs housing case atau cover tambahan kamera sehingga menambah daya tahan kamera terhadap tekanan air.
    Sekian artikel tentang jenis dan tipe kamera yang bisa di pakai di bawah air, Semog bisa memberikan manfaat

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel