Mengenal Pekerjaan Survey Dibawah Air - UWILD

Pekerjaan survey atau In-water Survey (IWS) di bawah air merupakan profesi yang di lakukan oleh penyelam atau diver yang sudah di sertifikasi oleh lembaga yang berwenang, dan sudah cukup memiliki pengalaman bekerja sebagai penyelam untuk melakukan survey atau inspeksi kapal di bawah air.

Penyelaman juga di lengkapi dengan bantuan alat seperti kamera dan video sehingga bisa di pantau melalui monitor di permukaan. 


Survey di lakukan untuk Mengetahui Kondisi Kapal bagian bawah air



Biasanya pekerjaan di bawah air dilakukan untuk berbagai keperluan, seperti survey kerusakan, survey untuk pengganti dry docking, bisa juga untuk asuransi, atau atas permintaan dari pihak klien untuk berbagai kepentingan lain.

Artikel ini akan mengulas tentang UWILD (Underwater Inspection Lieu Dry docking).  Uwild di perlukan untuk inspeksi atau memeriksa kondisi kapal di bawah air sebagai pengganti persyaratan untuk dry docking di galangan, dalam jangka waktu tertentu yang sudah di atur dan ditentukan oleh badan klasifikasi dimana kapal tersebut terdaftar. 

Survey kapal bawah air di perlukan untuk mengetahui kondisi dan kelayakan dari bagian bawah air dari kapal tersebut, bahwa aman untuk dipergunakan selama berlayar atau beroperasional di permukaan air. 

Cakupan Pekerjaan Survey atau Inspeksi 

Ada beberapa Cakupan pekerjaan untuk survey atau inspeksi dibawah air, atas aturan yang sudah di tetapkan oleh pihak ship classification dimana kapal tersebut terdaftar, survey atau inspeksi bawah air meliputi;

  • Pemeriksaan  smua kondisi Lambung Kapal (General Visual Inspection)
  • Memeriksa kondisi coating atau cat kapal 
  • Melakukan pemeriksaan Kondisi Welding (Marine growth removal-ring belt) dibeberapa lokasi welding pada lambung kapal atas permintaan pihak class surveyor
  • Melakukan pengukuran plate Lambung di bawah air dengan menggunakan peralatan Ultrasonic
  • Mengukur kekuatan kerja dari cathodic protection yang dipasang pada bagian lambung kapal maupun di lokasi bilge keel 
  • Pemeriksaan kondisi sea chest dan emergency fire pump suction. Bila kondisi kotor dan grating sebagai penutup di penuhi oleh marine growth atau sampah, biasanya penyelam diminta untuk melakukan pembersihan di permukaan grating tersebut, sehingga supply air yang di hisap oleh pompa melalui sea chest akan lancar 
  • Pengukuran clearance propeller dan Inspeksi bagian baling-baling atau propeller dan termasuk juga kondisi kemudi 


Peralatan Survey Bawah Air

Peralatan yang dipergunakan untuk melakukan survey atau inspeksi  di bawah air harus standard dan sesuai dengan peraturan yang sudah di tetapkan oleh lembaga  tersertifikasi untuk peralatan bawah air.  

Berikut alat yang dipergunakan untuk melakukan survey atau uwild (underwater Inspection Lieu Drydocking) kapal di bawah air adalah;

  • Scuba Replacement Package ( SRP)
  • Underwater CCTV and Two Way Communication System
  • Underwater wall thickness gauge UT thickness gauge
  • CP gauge / reader Buckleys Bathycorrometer
  • Brush Kart
  • Underwater Camera Portable
  • Perlengkapan Selam dan peralatan lainnya untuk survey  


Tahap Persiapan Penyelaman

Lakukan tools box meeting sebelum memulai pekerjaan, pastikan semua scope pekerjaan yang akan dilakukan sudah di pahami dan dimengerti. 

Selalu berkomunikasi dengan baik dengan rekan-rekan team dan tanyakan apa bila ada hal-hal yang kurang  jelas kepada Project leader atau supervisor

Sebelum melakukan pekerjaan penyelaman, diwajibkan memeriksa dan menguji semua peralatan yang akan dipergunakan. 
Pastikan peralatan berfungsi dengan baik dan tidak ada nya kerusakan atau kebocoran dari alat tersebut. 

Beberapa saat setelah penyelam memakai perlengkapan selam nya, lakukan sekali lagi pemeriksaan atau dive check, sehingga kita betul-betul yakin dengan peralatan yang dipergunakan aman dan dalam kondisi baik. 

Pastikan penyelam sudah membawa peralatan kerja yang akan di pakai pada saat ia akan melakukan inspeksi

Selama proses layanan survey penyelam melaporkan kondisi dari kapal yang di periksa dan mengambil photo dan video dari objek yang diperiksa.

Pelaporan Hasil Survey

Sebagai hasil akhir dari pekerjaan survey atau inspection bagian-bagian kapal yang sudah di diperiksa oleh penyelam akan dilaporkan dalam bentuk photo dan rekaman video, dilengkapi dengan dokumen pendukung lainnya.

Pastikan semua pihak yang berwenang memeriksa hasil dari survey tersebut, sehingga diketahui dengan jelas kondisi kapal yang berada di bawah air.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan dan informasi seputar pekerjaan survey bawah air. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel