Tips Sukses Mengajukan Lamaran Pekerjaan (Resume)


Ketika anda membaca sebuah informasi bahwa sebuah perusahaan sedang membuka lowongan kerja. Peluang pekerjaan tersebut posisinya cocok dengan semua kualifikasi yang anda miliki.

Yang terbesit dalam pikiran dipastikan akan melamar pekerjaan tersebut, apa lagi misalnya anda dalam kondisi tidak bekerja. Yang jadi pertanyaan seberapa besar peluang kita mendapatkan peluang tersebut.

Untuk itu sebelum kita melamar pekerjaan ada beberapa strategi yang perlu di persiapkan agar surat lamaran yang kita ajukan bisa mendapat nilai lebih untuk di pertimbangkan.

riwayat hidup kerja on line


Seberapa besar pentingnya surat lamaran kita bagi perusahaan yang akan merekrut kita sebagai calon pekerja? Jawabannya sangat penting, sebagai langkah awal perusahaan yang akan merekrut membaca riwayat hidup untuk mengenal siapa anda, kemampuan apa yang anda miliki, serta apakah latar belakang anda cocok dengan posisi yang mereka butuhkan.

Karena itu ada beberapa strategi yang bisa anda persiapkan untuk mengajukan surat lamaran, agar bisa di pertimbangkan untuk di panggil interview atau test seleksi.

1. Persiapan Resume

Resume atau Curricullum vitae merupakan sesuatu yang penting untuk menjelaskan tentang riwayat pekerjaan serta  informasi tentang diri anda. Tulis lah resume dengan singkat dan jelas, serta bisa memberikan informasi tentang pengalaman kerja dan kemampuan yang ada miliki agar mudah di pahami.
Berikut ada beberapa hal yang wajib di tuliskan di dalam resume atau riwayat hidup;








Informasi Kontak
Berikan informasi yang benar tentang nama, alamat tinggal anda, masukkan nomor telepon yang bisa di hubungi, Masukkan alamat email yang aktif. 

Untuk telepon di upayakan nomor tersebut punya anda sendiri, sehingga memudahkan untuk di hubungi.

Pengalaman Professional Kerja 
Untuk resume dikategorikan yang sempurna adalah bisa memberikan informasi kerja anda terakhir, lengkap dengan tugas dan tanggung jawab selama anda bekerja di perusahaan tersebut, tempat anda bekerja sebelumnya. Berikut informasi yang wajib di tuliskan;


  • Nama perusahaan
  • Jabatan Terakhir
  • Tanggal mulai dan berakhir bekerja
  • Tuliskan Tugas dan tanggung jawab anda bekerja
  • Masukkan juga Pencapaian Prestasi bila ada 


Bila belum memiliki pengalaman bekerja karena anda baru saja lulus sekolah, silahkan saja masukkan pengalaman on Jobs training atau kerja magang anda.
Tuliskan kegiatan yang anda kerjakan semalam berada di perusahaan tempat anda magang.

Kemampuan Berbahasa
Tulis informasi tentang kemampuan berbahasa asing yang anda miliki, jelaskan seberapa tinggi tingkat kemampuan anda terhadap bahasa tersebut, baik lisan mau pun tulisan

Pendidikan dan Pelatihan
Masukkan juga pendidikan terakhir anda, bisa juga di masukkan bila anda pernah mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan pekerjaan anda.


2. Lampiran Dokumen untuk Lamaran kerja

Berikut beberapa dokumen yang wajib sebagai lampiran di dalam lamaran sebagai berikut;

Photo copy Kartu identitas
Photo copy ijazah terakhir
Sertifikat pelatihan 
SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
Kartu Kuning (AK-1) dari Kemenakertrans
Kartu NPWP (Tergantung Permintaan)
Bosiet / BST (Training keselamatan)


3. Update Profil Sosial Media

Usahakan update sosial media anda seperti pada linkedin dengan menampilkan informasi dari posisi atau jabatan pekerjaan anda yang terakhir.  
rapi kan dan susun data-data anda sehingga kelihatan menarik, jadikan status pada media sosial adalah biodata online anda, untuk proses seleksi oleh perusahaan yang membutuhkan.
Hal ini di lakukan untuk memberikan nilai tambah bila di lihat oleh pihak pemberi kerja.

4. Tuliskan Testimoni orang yang mengenal Anda

Anda juga dapat menuliskan nama dan informasi kontak seseorang sebagai referensi, untuk di jadikan kesaksian terhadap pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya. Seperti atasan di tempat anda bekerja sebelumnya, atau rekan kerja yang memang mengenal secara baik kualitas bekerja anda. 

Demikian artikel Tips sukses mengajukan melamar pekerjaan, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel