Tipe Penyelaman dan Fungsi Perlengkapan Selam - Works Process

Menyelam merupakan kegiatan yang menyenangkan dan membutuhkan fisik yang sehat, serta dengan peralatan selam yang memadai. 
Kegiatan menyelam bisa melihat keindahan di bawah laut yang tidak bisa kita jumpai ketika berada di atas daratan. 

Bisa melihat kehidupan binatang laut, beragam jenis ikan, terumbu karang dan berbagai fantasi lain yang menyenangkan ketika melakukan penyelaman.

tipe penyelaman dan fungsi alat selam
Penyelam Posisi Survei Bawah Air

Kegiatan penyelaman diatur oleh standardisasi dari asosiasi selam, menentukan  mulai dari metode atau cara penyelaman yang benar, peralatan diving harus yang dipergunakan harus standard , hingga menjelaskan resiko dan cara penyelamatan. 

Tujuan dari Kegiatan Penyelaman  

Terdapat beberapa macam kegiatan penyelaman yang mempunyai tujuannya masing-masing. Penyelaman dapat di bedakan dalam beberapa kategori yaitu;

Sport diving (Olah raga menyelam)
Kegiatan menyelam dengan tujuan untuk sekadar olahraga, hanya buat kesenangan saja dan dijadikan hobi. Biasanya di lakukan pada lokasi yang tidak terlalu dalam. 

Commersial Diving (Penyelaman Professional)
Penyelaman ini di lakukan oleh orang-orang yang sudah terlatih dan mempunyai pengalaman yang cukup lama melakukan kegiatan selam, dan sudah ter-sertifikasi oleh institusi atau asosiasi selam komersial. 
Kegiatan penyelaman ini untuk mereka yang bekerja pada perusahaan commersial diving.

Tujuan menyelam untuk melakukan pekerjaan di bawah air, seperti survey, inspeksi kondisi pada offshore drilling lepas pantai, Salvage, cleaning pada konstruksi kapal maupun pada konstruksi platform, hingga ke pekerjaan pemasangan konstruksi di bawah air.

Scientific Diving (Penyelaman untuk Penelitian)
Kegiatan penyelaman di lakukan untuk tujuan penelitian pada sebuah objek, untuk menambah perbendaharaan ilmu pengetahuan. Seperti penelitian pemetaan, arkeolog, geologi dan sebagainya.

Tipe-Tipe Kegiatan Menyelam

Terdapat tipe-tipe menyelam, yang di bedakan dari beberapa aspek baik dari sertifikasi, peralatan serta jenis kegiatan yang di lakukan. Berikut secara umum ada beberapa tipe kegiatan menyelam, yaitu;

  • Free Diving (Snorkeling)
  • Scuba Diving
  • Tethered diving atau Surface Supplied 
  • Saturation Diving
  • Mix Gas Diving
  • Atmosphere Diving
  • Rebreather Diving


Jenis Udara untuk Penyelaman

Berikut jenis Campuran udara Yang dipergunakan untuk menyelam yang di masukkan ke dalam tabung atau tangki;
  • Heliox
  • Trimix
  • Enhanced Nitrox I & II

Jenis alat-alat perlengkapan Selam 

Berikut terdapat jenis dan fungsi peralatan diving yang sering di pergunakan untuk kegiatan menyelam komersial maupun keperluan lainnya. Alat-alat untuk selam snorkeling tidak terlalu banyak bila di bandingkan dengan penyelaman komersial.

Alat perlengkapan selam serta fungsi
Perlengkapan Alat Selam 

KMB Helmet 
Berfungsi agar penyelaman lebih leluasa menghirup udara di dalam helmet, layaknya bernapas di permukaan. Udaranya di suplai dari umbillical atau selang terhubung ke tabung yang berada di atas permukaan kapal.

Masker
Berfungsi untuk membantu penglihatan penyelam di dalam air

Pressure Gauge 
Berfungsi sebagai indikator atau penunjuk tekanan oksigen di dalam tabung

Dive Computer 
Fungsinya untuk menunjukkan tekanan udara, suhu udara dan kedalam air

Torch Light
Senter yang berfungsi membantu penyelam pada lokasi penyelaman yang kurang cahaya penerangan. Bisa juga dipasang di helmet KMB atau di pegang bila tidak memakai head. 

Camera Under water 
Kamera bisa berfungsi untuk merekam kegiatan penyelaman dalam format video atau photo, sebagai bahan laporan atau dokumen

Swim Fins
Sering di sebut kaki katak, berfungsi untuk mempercepat gerakan berenang saat di dalam air.

Bouyancy Conpensation Device (BCD)
Membantu tubuh penyelam terangkat bila akan kembali kepermukaan sebagai pelampung. BCD berbentuk jaket yang bisa di isi dengan udara dari tabung yang di berada di punggung.

Scuba Glove 
Sarung tangan ini melindungi penyelam selama melakukan aktivitas di dalam air.

Weight Belt atau Integrated weight
Alat ini sebagai pemberat tubuh penyelam agar tidak melayang, mengimbangi berat jenis air laut yang lebih besar di banding dengan tubuh manusia.

Bootish atau coral boot
Sepatu karet yang di pakai sebagai tambahan bila memakai swim Fins tipe OH. Untuk tipe fins FF tidak perlu di pergunakan. 

Hood (Sarung Kepala)
Fungsinya untuk menutup kepala bila kondisi rambut panjang, dan melindungi kulit wajah dari air laut. Alat ini wajib di pakai bila menggunakan Helmet KMB.

Regulator 
Di pergunakan untuk merubah tekanan udara dari tabung sesuai dengan kebutuhan penyelam (moutpiece dan octopus), dan fungsi lainnya untuk supply udara ke BCD

Scuba Knipe 
Pisau ini di sebagai keperluan bila terjadi kondisi darurat, atau sebagai support selama bekerja di dalam air.

Tanki Scuba
Di pergunakan untuk mensuplai udara ke paru paru selama di dalam air. Bahannya terbuat dari aluminium atau baja.

Drysuit atau Wet suit
Adalah baju selam dengan 2 (dua) tipe wetsuit dan drysuit, dengan ketebalan dari 0.5 mm hingga 2,5 mm. Fungsinya untuk melindungi tubuh dari cedera terhadap tubuh kita selama di dalam air. Indonesia sebagai daerah tropis ideal nya di pakai yang jenis wetSuit.

"Prioritaskan keselamatan, periksa peralatan sebelum melakukan kegiatan menyelam. Pastikan dalam kondisi baik." 

Sekian postingan tentang mengenal tipe penyelaman dan jenis alat-alat yang di pergunakan untuk melakukan kegiatan di bawah air. Semoga bermanfaat. Terima kasih


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel