Peran Penting Safety Officer Pada Area Kerja - Works Process


Berbicara tentang  Health and Safety Enviromental (HSE) pada saat ini banyak perusahaan sudah menerapkan dan memperhatikan dengan hal-hal yang berhubungan dengan keselamatan dan perlindungan kerja.

Baik yang berhubungan dengan keselamatan pekerja mau pun dengan peralatan yang di pergunakan.

Peran penting safety officer pada area kerja

Penerapan Sistem Keselamatan Kerja

Pada perusahaan yang telah melakukan menerapkan sistem keselamatan atau Health and Safety Enviromental (HSE) cenderung memiliki nilai presentasi hasil kerja lebih tinggi di lingkungan kerja mereka.

Yang pernah saya ketahui di lingkungan kerja, ada sekelompok kecil pekerja yang tidak terbiasa dengan diterapkannya kebijakan dan sistem perlindungan dan keselamatan di lingkungan kerja. 

Sebagai contoh pemakaian sarung tangan pada saat pekerja melakukan aktivitas nya, dengan sengaja atau tidak terkadang tidak di dipakai sebagaimana mestinya

Nah hal-hal seperti ini yang menjadi perhatian dan kepedulian perusahaan yang di wakili oleh petugas keselamatan atau safety officer untuk mengingatkan dan memberikan kesadaran pada pekerja, sehingga mengurangi resiko kecelakaan kerja.


sign board keselamatan kerja safety

Untuk keselamatan kerja adalah menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua sebagai pekerja, tetapi dari perusahaan juga mempunyai departemen HSE dan seorang Safety officer atau petugas keselamatan kerja yang fokus menerapkan dan menegakkan kebijakan untuk keselamatan kerja

Tanggung Jawab HSE dari Safety inspector

Untuk kita pahami apa saja tugas dan tanggung jawab Health and Safety Enviromental (HSE) dari safety officer di lingkungan kerja perusahaan;
  • Mencegah dan menasehati pekerja yang kedapatan telah melakukan kerja tidak aman
  • Mengamati tindakan tidak aman yang mungkin dilakukan oleh team kerja 
  • Memberitahukan pada pengawas team kerja tentang tindakan tidak aman yang di ketahui
  • Memeriksa area tempat kerja untuk mengetahui kondisi tidak aman dan memberitahu kepada penanggung jawab area kerja
  • Mengamati dan memeriksa peralatan di area kerja untuk memastikan dalam kondisi aman untuk dipergunakan
  • Mengamati dan membantu pengawas dan pekerja selama melakukan rapat tool box 
  • Menghadiri pelatihan dan rapat HSE bila ada permintaan
  • Memberi saran dan masukan tentang masalah HSE termasuk tentang aturan-aturan dan standard industri
  • Membantu melakukan penyelidikan kecelakaan dan insiden serta mengumpulkan laporan yang lengkap 
  • Memastikan semua pekerja disediakan dan memakai Alat pelindung diri (APD) dengan benar 
Diatas adalah beberapa tugas dan tanggung jawab serta peran seorang safety officcer, yang berlaku dan diterapkan pada lingkungan kerja perusahaan.

Dengan kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang cukup mengenai peraturan dan standard HSE, seorang petugas keselamatan perusahaan bisa memberikan pengaruh yang positif dengan melakukan pendekatan dan komunikasi yang baik terhadap pekerja.

Kesimpulan

  • Sebagai pekerja sepatutnya kita patuh dan menjalankan aturan dan kebijakan yang berlaku di perusahaan tempat kita bekerja, itu semua untuk keselamatan dan kebaikan kita semua
  • Pergunakan selalu alat pelindung diri yang benar dan dengan cara yang benar sesuai pedoman HSE dan rekomendasi dari pabrik pembuatnya
  • Senantiasa menjaga kebersihan dan kerapian di tempat kita kerja 
  • Memberikan contoh yang baik kepada karyawan yang baru di terima
  • Jangan lakukan pekerjaan yang kurang kita pahami atau pekerjaan yang tidak aman untuk keselamatan diri
Demikian artikel tentang peran safety officer pada area kerja, semoga bisa menambah wawasan dan informasi. Terima kasih



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel